Jeff Bezos Akan Sumbangkan Dana 14 Triliun Rupiah untuk Perangi Perubahan Iklim

Jeff Bezos Akan Sumbangkan Dana 14 Triliun Rupiah untuk Perangi Perubahan Iklim

Awal tahun ini sepertinya menjadi waktu di mana para milyader dunia menyumbangkan uang mereka sebagai upaya penyelamatan peradaban manusia. Setelah Bill Gates membiayai penelitian vaksin virus corona sebesar Rp 1,4 triliun, kini giliran CEO Amazon, Jeff Bezos yang beraksi.

Orang terkaya di dunia untuk saat ini telah mengumumkan bahwa ia berencana untuk menyumbang $ 10 miliar, atau Rp 14 triliun untuk memerangi perubahan iklim melalui penciptaan proyek filantropis baru yang disebut Bezos Earth Fund. 

Jeff Bezos sumbangkan dana 14 triliun untuk perubahan iklim (engadget.com)

"Perubahan iklim adalah ancaman terbesar bagi planet kita," tulis Bezos dalam posting Instagram. "Saya ingin bekerja bersama orang lain untuk memperkuat cara-cara yang diketahui dan untuk mengeksplorasi cara-cara baru memerangi dampak buruk dari perubahan iklim di planet ini yang kita semua bagi."

Dia mengatakan Bezos Earth Fund akan mendukung para ilmuwan, aktivis dan LSM, dengan hibah pertama dijadwalkan keluar sekitar musim panas ini. Selain informasi itu, Bezos tidak memberikan banyak detail tentang dana tersebut.

Sementara Bezos kemungkinan akan mendapatkan banyak pemberitaan yang baik terkait dengan langkah ini, ada baiknya menunjukkan bahwa, sebagai CEO Amazon, dia tidak memiliki rekam jejak terbaik dalam isu perubahan iklim. 

Jeff Bezos sumbangkan dana 14 triliun untuk perubahan iklim (bgr.com)

Pengumuman Bezos atas kesetian Amazon dalam menjaga iklim baru-baru ini saja setelah perusahaan ditekan oleh karyawannya untuk mengambil tindakan. Selain itu, ada beberapa aspek dari rencana tersebut akan balik menguntungkan Bezos.

Misalnya, rencana Amazon membeli 100.000 mobil listrik dari Rivian, sebuah perusahaan tempat peritel memimpin investasi senilai $ 700 juta. Perlu juga disebutkan bahwa layanan pengiriman Amazon Prime kemungkinan merupakan penyumbang masalah lingkungan secara keseluruhan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"