Jarang Orang Tahu, Makhluk Ini Lindungi Manusia Dari Virus Berbahaya Di Lautan

Jarang Orang Tahu, Makhluk Ini Lindungi Manusia Dari Virus Berbahaya Di Lautan

Corona adalah salah stu virus yang meluluh lantakan seluruh dunia dengan sekali serang. Hasilnya banyak sekali korban dan juga beberapa sektor perekonomian negara pun ambyar.

Bagi kaum milenial mungkin ini kali pertama menghadapi masalah seperti ini ya kan? Sebenarnya pandemi setiap beberapa dekade itu ada.

Virus (Misteritesla.co)

Dan jarang orang ketahui, sebenarnya virus gak cuma berasal dari daratan saja, melainkan ada jutaan virus berbahaya yang mengintai kehidupan di sana.

Dilansir dari Dream.co.id, diperkirakan terdapat puluhan juta jenis virus yang berbeda dalam ekosistem laut gengs. Para peneliti bahkan menemukan, di setiap 1 mililiter air di lautanĀ  terdapat 10 juta virus yang tersebar. Waduh!

Tapi tenang gengs, kita masih beruntung karena ada spesies hewan laut yang membentenginya agar tak keluar dari laut loh.

Jarang orang tahu

Tentunya kalian gak semuanya mengetahui fakta yang mengejutkan ini kan? Kali ini kita bakalan kepoin makhluk seperti apa sih yang melindungi kita manuisa ini dari virus lautan?

Hasil penelitian Ilmuan

Hasil penelitian Ilmuan Penelitian (TopBusiness.id)

Dalam sebuah studi yang dipimpin oleh ahli ekologi kelautan, Jennifer Welsh dari Institut Penelitian Laut Kerajaan Belanda (NIOZ), mereka menemukan bahwa tidak semua virus dapat menginfeksi setiap makhluk hidup. Beberapa hewan bahkan bisa memangsa virus, ketika dikeluarkan dari ekosistemnya.

" Virus adalah entitas biologis paling melimpah di laut. Namun, terlepas dari potensi implikasi ekologisnya, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa virus bisa dihilangkan oleh organisme non-inang sekitar," jelas Welsh dan timnya.

Dalam beberapa langkah percobaan para ilmuan memeriksa bagaimana berbagai organisme laut non-inang bisa menghilangkan partikel virus dari lingkungan akuatik mereka. Baik melalui pemangsaan aktif, atau melalui mekanisme pasif, seperti pengumpan filter dan organisme. Sehingga menciptakan hambatan fisik antara parasit virus dan inangnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"