Jangan Panik! Begini 5 Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju dengan Mudah dan Cepat

Jangan Panik! Begini 5 Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju dengan Mudah dan Cepat

Permen karet adalah makanan yang disukai semua kalangan. Bahkan mengunyah permen karet banyak dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Namun, bagaimana jadinya kalau permen karet jatuh dan menempel di baju kita? Karena lengket, permen karet mudah menempel pada kain dan bahan sehingga sulit saat mencucinya.

Dilansir dari Sunrise Cleaning, Selasa (8/3/2022) berikut ini adalah 5 cara menghilangkan permen karet di baju:

1. Bekukan atau Panaskan Baju

Untuk mengeraskan permen karet dan mudah melepaskannya dari pakaian, coba gosok area yang terkena permen karet dengan es batu. Setelah mengeras, tarik dengan cepat menggunakan pisau mentega atau pengikis.

Kamu juga dapat memasukkan pakaian ke dalam freezer dalam kantong plastik selama beberapa jam sampai permen karet mengeras. Pastikan permen karet tidak menyentuh atau mengotori kantong plastik, dan juga berhati-hatilah terhadap posisi permen karet yang menempel di pakaian yang dimasukkan ke dalam freezer, jangan sampai menghadap ke bawah, ya!

Selain itu, cairan panas juga dapat diterapkan untuk cara menghilangkan permen karet di baju. Kamu dapat menggunakan pengering rambut untuk menghangatkan permen karet dan mengulurkannya sebelum mengelupas.

Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan air panas atau uap untuk melonggarkan permen karet. Lakukan dengan hati-hati dan gunakan sikat gigi bekas untuk mengikis permen karet di baju.

2. Gunakan Setrika

5 Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju dengan Mudah dan Cepat (Grid.ID)

Untuk memastikan permen karet di baju tidak menempel di papan setrika, letakkan selembar karton di antara keduanya sebelum dimulai. Gunakan suhu sedang saat menyetrika, kalau kamu nggak pengin permen karet meleleh dan membuat kotoran lebih lengket. Tujuan menyetrika adalah agar permen karet menempel pada karton.

Lakukan perlahan dengan cara menekan sampai permen karet telah melunak dan menempel pada karton. Cara menghilangkan permen karet baju dengan setrika nggak begitu sulit, kan?

3. Mengoleskan Selai Kacang

Banyak yang nggak tau kalau menghilangkan bekas permen karet yang menempel di pakaian bisa menggunakan selai kacang. Minyak alami dalam selai kacang, ini adalah bahan yang berguna untuk menghilangkan permen karet dari baju. Kamu perlu melapisi seluruh bekaspermen karet dengan selai kacang dan pastikan lapisannya tebal.

Untuk menghindari menodai pakaian, biarkan selai kacang pada noda permen karet selama sekitar satu menit dan kemudian lanjutkan untuk mengikis permen karet dengan ujung yang tajam, seperti pisau mentega. Sebelum mencuci pakaian, gunakan penghilang noda pada noda, karena selai kacang dapat menodai pakaianmu.

4. Minyak Kelapa



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"