Jangan Keliru, Ini 5 Tips Lindungi Diri dari Bahaya Kabut Asap dan Polusi

Jangan Keliru, Ini 5 Tips Lindungi Diri dari Bahaya Kabut Asap dan Polusi

Bagi kalian yang tinggal di Sumatera Selatan patut berhati-hati. Kebakaran hutan dan lahan bikin polusi udara dan kabut asap makin parah.

Nggak cuma itu aja, kabut asap ini juga mempengaruhi jarak pandang yang berbahaya banget buat pengendara motor dan mobil. Beberapa daerah yang terkena efek kabut asap parah yaitu di Palembang, Pekanparu, Riau.

Karena kualitas udara yang buruk, kesehatan jadi terganggu. Dari segi kesehatan, polusi udara bisa bikin gangguan pernapasan kayak kanker paru, radang paru, malaria, pneumonia, dan lain-lainnya.

Terus, gimana sih cara melindungi diri kita dari polusi udara dan kabut asap yang berbahaya? Simak tips-tipsnya berikut ini yang dilansir dari Kompas.com.

1. Pakai masker

masker wajah (northstarlight.net)

Kalo mau keluar rumah, hal terpenting dan pertama adalah pake masker kalian dulu. Pakailah masker yang mampu menghalangi debu polusi udara.

Karena nggak semua masker yang beredar di pasaran sesuai dengan standar kesehatan, pilih deh yang emang terbukti bisa nyaring udara sebaik mungkin. Misalnya kayak jenis masker n95.

2. Bersihin lantai

Taukah kalian kalo bahan kimia dan alergen dari polusi udara bisa menumpuk jadi debu di rumah. Kalian perlu meminimalisir polusi udara ini dengan bersihin lantai pake vakum yang mengandung filter high efficiency particulate air (HEPA). Penggunaan vakum lebih efektif dibanding pakai sapu karena kalo pakai sapu sering debu malah berterbangan.

Vakum dengan HEPA bisa ngurangin debu dan kotoran dari bahan kimia brominated (PBDEs) dan alergen kayak serbuk sari, bulu hewan, dan debu. Makanya, vakum ini juga cocok banget buat kalian yang punya alergi debu dan serbuk bunga.

3. Jaga kelembapan lingkungan

humidifier (flipkart.com)

Kalian disaranin buat njaga tingkat kelembapan di ruangan rumah atau kantor. Caranya, bisa pake alat humidifier untuk bikin ruangan lebih lembap udaranya. Saat ini banyak kok yang menjual humidifier jadi kalian bisa dapetin dengan mudah.

Sebaiknya, kelembapan udara mencapai 30 hingga 50 persen. Pada kadar itu, alergen dan pemicu penyakit pernapasan bisa lebih terkendali.

4. Minum air putih

Menjaga lingkungan aja nggak cukup, diri kalian juga perlu minum air putih. Ini bisa bantu buang racun dari badan kalian.

Selain itu, cairan pada tubuh yang cukup bakal memicu kelembapan yang bantu nyerap polusi di tubuh. Jadi, polusi itu nggak akan menyebar di tubuh kalian.

5. Makan sehat

nutrisi (healthline.com)

Untuk melawan serangan dari luar, tubuh kita pastinya butuh amunisi agar nggak kalah. Makanan sehat bakal bantu tubuh kalian melindungi diri dari polusi udara.

Konsumsilah makanan sehat kayak sayur dan buah-buahan. Sebaiknya pilih yang mengandung vitamin C. Vitamin ini bisa bantu memperkuat sistem imun kalian jadi nggak gampang sakit.

Begitulah cara-cara melindungi diri kalian dari polusi udara dan kabut asap parah. Jangan sampai keliru ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"