Jangan Dihukum, Begini Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala Agar Patuh

Jangan Dihukum, Begini Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala Agar Patuh

Ada banyak cara mendidik anak yang keras kepala, tapi tentunya bukan dengan dihukum. Sebab menghukum anak saat membantah tidak akan membuatnya jera. Justru cara tersebut hanya akan merusak anak, dan membuat mereka merasa bahwa orangtuanya adalah orang yang jahat. Sikap keras kepala adalah bentuk penolakan terhadap sesuatu yang bertentangan dengan kemauannya. Anak yang keras kepala, cenderung sangat sensitif dan sulit dibujuk.

Sifat keras kepala dan sulit diatur merupakan cara anak untuk belajar soal kebebasan dan batasan-batasan perilaku yang bisa diterima dan tidak. Karena itu, agar anak patuh tentu ada pendekatan tersendiri mengenai hal tersebut. Lantas, seperti apa caranya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Dengarkan Pendapat dan Kemauannya

1. Dengarkan Pendapat dan Kemauannya Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala (via Dream)

Cara pertama agar anak yang keras kepala bisa berubah menjadi patuh adalah dengan mencoba mendengarkan pendapat dan kemauannya. Komunikasi dua arah adalah hal penting untuk menghadapi sikap keras kepala anak. Dengarkan dulu apa mau anak, kemudian baru jelaskan dampak dari keinginannya tersebut. Lambat laun dia akan mengerti kenapa keinginannya dilarang oleh orang tuanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"