Jangan Diabaikan, Ini 5 Kemungkinan Penyebab AC Mobil Nggak Dingin

Jangan Diabaikan, Ini 5 Kemungkinan Penyebab AC Mobil Nggak Dingin

Kita semua tau kalo air conditioner atau AC jadi kompenen penting dalam mobil. AC yang nggak dingin lagi bikin nggak nyaman pake mobil.

Kita jadi lebih sering buka kaca mobil. Padahal kan ada bau asap dari luar. Daripada nggak nyaman, yuk cari tau beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya.

AC mobil (ridetime.ca)

1. Freon kurang atau habis

Mengutip dari Kumparan, Freon habis dapat memicu AC nggak dingin. Freon habis ini bisa dikarenakan kecoboran sistem. Kebocoran bisa jadi karena komponen karet udah lama atau ada yang nggak beres dengan valve kompressornya.

2. Filter kesumbat

Filter atau saringan AC punya kegunaan buat nyaring segala debu dan kotoran. Nah, tentunya bagian ini harus dibersihin.

Debu atau kotoran-kotaran lain banyak yang bisa nempel dan tertimbun di filter. Kalo udah tersumbat, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan nggak akan optimal.

3. Motor extra fan rusak

Motor extra fan (mobilmo.com)

Nggak cuma masalah di atas aja. AC yang kurang dingin juga bisa disebabin masalah pada extra fan. 

Motor extra fan yang bermasalah akan bikin proses kondensasi di dalam kondensor nggak  berfungsi secara optimal. Ini yang membuat nggak ada udara dingin yang masuk ke kabin.

4. Evaporator yang kotor

Kalian perlu tau kalo musuh terbesar evaporator ialah debu. Debu jadi hal utama yang bisa membuat evaporator AC mobil kalian kotor. Kalo kesumbat, ini bakal bikin sirkulasi AC jadi nggak lancar. 

5. Kondensor yang kotor

Indiamart.com

Letak kondensor ada di bagian depan dekat dengan radiator. Posisi inilah yang sering bikin kotoran mengendap. 

Hal ini bakal bikin sistem AC terganggu dan nggak dingin lagi. Soalnya, kondensor yang kotor membuat proses kondensasi nggak maksimal.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan AC mobil kalian nggak dingin. Untuk mengatasi masalah AC nggak dingin sebaiknya kalian bawa aja ke bengkel resmi.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"