Jangan Anggep Remeh, Bosan Juga Punya Manfaat Positif Loh

Jangan Anggep Remeh, Bosan Juga Punya Manfaat Positif Loh

Bosan adalah suatu hal yang wajar di masa kini. Rasa bosan jadi lumrah terjadi karena kita disibukkan dengan rutinitas harian.

Makin lama, rutinitas itu terus bertambah. Setelah memuncak, rasa penat pun muncul. Nah, mengutip Psychology Today, bosan diartikan sebagai keaaan yang sangat tidak menyenangkan atas gairah yang belum terpenuhi.

Bosan ya? Jangan dong ... (irisreading.com)

Bosan didorong atas rendahnya motivasi atau kurangnya konsentrasi. Sebaliknya, bosan juga didorong oleh tidak mendukungnya sebuah lingkungan sosial. Tetapi, rasa bosan tuh bisa aja membawa kita pada sebuah perubahan dan gagasan yang bagus gengs.

Maka dari itu, jangan kalian anggap remeh nih rasa bosan. Soalnya, rasa bosan juga punya manfaat positif juga. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, inilah beberapa manfaat positif dari rasa bosan yang kalian alami.

Bosan mengajarkan kita tentang kehidupan

Bosan mengajarkan kita tentang kehidupan Bosan mengajarkan kita tentang kehidupan ini gengs (vice.com)

Psikolog Doreen Dodgen-Magee mengatakan bahwa kebosanan membutuhkan toleransi dalam banyak hal. Kalo kalian bisa melewatinya dengan baik, itu bisa jadi kemampuan baru kalian untuk mengurangi rasa cemas.

Bisa melewatkan rasa bosan juga menjadi kekuatan seseorang kemampuan kita untuk menghargai diri sendiri.

Bosan memberi kita waktu lebih banyak

Bosan memberi kita waktu lebih banyak Bosan tuh ngasih kita waktu lebih banyak untuk ... (bbc.com)

Bosan tuh makan waktu sebenernya. Tapi itu artinya kalian punya banyak waktu. Psikolog David Barbour mengatakan bahwa ini bisa mengarahkan kita pada peningkatan kualitas hidup yang hebat.

Barbour menyarankan kita untuk memikirka kebosanan sebagai waktu luang yang bisa dihabiskan dengan banyak cara. Entah itu terlibat dalam kegiatan kreatif, baca buku, atau melakukan apa pun yang bermanfaat.

Bosan akan meningkatkan imajinasi kita

Bosan akan meningkatkan imajinasi kita Tapi dengan bosan, imajinasi kita meningkat (freepik.com)

Bosan bukan berarti buruk gengs. Bosan tuh justru menumbuhkan imajinasi kita jadi lebih liar lagi. Kalo kata psikolog Kayla O'Neill, orang tua sebaiknya melakukan hal sebaliknya ketimbang menghibur anak mereka yang lagi bosan.

Masih inget gak kalian punya teman khayalan waktu kecil? Sebaiknya itu dipertahankan, karena kata O'Neill, kreativitas kita akan terpicu ketika udah dewasa.

Bosan akan memproses emosi kita yang kompleks

Bosan akan memproses emosi kita yang kompleks Bosan akan mengajarkan kita cara mengelola emosi (wirally.com)

Saat bosan melanda, berarti kita harus melakukan sesuatu gengs. Apa pun itu. Karena bosan adalah soal mengambil kendali diri yang menuntut kita untuk menemukan solusi dan ide untuk menentukan apa yang harus dilakukan.

Psikolog Katie Leikam mengatakan bahwa bosan menjadi kesempatan paling sempurna kita untuk memproses emosi. Kata Leikam, bosan akan mengajarkan kita merasa nyaman dan percaya diri dalam mengatasi berbagai emosi.

Buat kalian yang lagi bosan, pelajari juga manfaat baiknya buat kesehatan kita nih gengs. Kesehatan mental sih terutama. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"