Jalan Raya di Negara Ini Berwarna Biru dan Putih Bukan Hitam, Ini Nih Alasannya

Jalan Raya di Negara Ini Berwarna Biru dan Putih Bukan Hitam, Ini Nih Alasannya

Jalan raya identik dengan warna hitam. Tapi di beberapa negara lain di luar negeri terdapat jalan yang unik. Jalan ini justru berwarna biru dan putih, berbeda dengan warna jalan biasanya. Jalanan itu terdapat di kawasan Qatar dan Amerika Serikat.

Dikutip dari Merdeka, jalan Abdullah Bin Jassim Street di ibu kota Qatar, Doha menjadi salah satu jalan tersibuk. Jalanan yang terkenal ini semakin terkenal setelah pemerintah setempat mengubah warna jalan yang sebelumnya hitam menjadi biru muda sejak tahun 2020 lalu.

Warna biru muda atau biru laut pada warna jalanan dipilih dengan berbagai alasan, salah satunya membuat kawasan tersebut sedikit sejuk. Maklum Qatar yang berada di kawasan timur tengah dikenal sebagai negara yang cukup panas.

Jalanan Warna Biru di Qatar (Mommyasia)

Warna biru pada jalan diharapkan bisa menurunkan suhu lapisan aspal sebesar 15-20 derajat celsius. Suhu udara di Qatar saat musim panas bisa mencapai 46 derajat celsius. Salah satu insinyur di Qatar bernama Saad al-Dosari memberikan penjelasan.

"Lapisan aspal hitam memiliki suhu sekitar 20 derajat celsius lebih tinggi daripada suhu udara sekitar. Warna hitam memang mudah menyerap panas,"ujara al-Dosari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"