Jadwal dan Niat Puasa di Bulan Dzulhijjah Jelang Idul Adha

Jadwal dan Niat Puasa di Bulan Dzulhijjah Jelang Idul Adha

Kayaknya baru aja kemarin umat Muslim merayakan Idul Fitri, eh tahu-tahu sebentar lagi udah Idul Adha aja nih. Idul Adha adalah hari raya Islam yang diperingati peristiwa kurban, ketika Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Saat Idul Adha tiba, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melaksanakan salat ied bersama di masjid atau lapangan. Setelahnya, dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Setiap tahunnya, Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Nah, momen ini juga menjadi puncak badah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Makanya, nggak heran kalau Idul Adha sering disebut lebaran haji. 

Menjelang Idul Adha, umat Muslim dapat melakukan beberapa amalan, termasuk berkurban dan berpuasa. Sela memasuki bulan Dzulhijjah, ada tiga puasa yang bisa dijalankan, yaitu Arafah, Tarwiyah, dan Dzulhijjah. Berikut ini niat, jadwal, tata cara, dan keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah.

Ucapan Idul Adha (titikdua.net)

Niat puasa

● Puasa Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

"Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala. Saya berniat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala."

● Puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala. Saya berniat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala."

● Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala. Saya berniat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."

Berpuasa selama bulan Dzulhijjah (neurohacker.com)

Jadwal puasa

● Puasa 1-7 Dzulhijjah, 2-8 Agustus 2019

● Puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah, 9 Agustus 2019

● Puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah, 10 Agustus 2019

Tata cara 

Sebenarnya, tata cara berpuasa sunah di bulan Dzulhijjah sama aja dengan puasa wajib di bulan Ramadan. Mulailah dengan niat, menahan segala hawa nafsu termasuk makan dan minum, sahur sebelum matahari terbit dan buka puasa setelah adzan Maghrib.

Jangan lupa berpuasa dan berkurban (youtube.com)

Keutamaan puasa  di bulan Dzulhijjah

Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa orang-orang yang melaksanakan puasa di bulan Dzulhijjah pahalanya sama besar dengan orang yang meninggal di jalan Allah di medang perang atau mati Syahid. Kalau kamu berpuasa dengan ikhlas, maka dapat melebur dosa selama setahun sebelum dan sesudahnya.

Selain puasa, ibadah juga bisa dilengkapi dengan amalan lain kayak berzikir, menyantuni anak yatim, memperbanyak amal kebaikan, dan berkurban. Maka amalan-amalan tersebut  akan dibalas pahala yang besar sekali oleh Allah SWT dan dibukakan pintu ampunan seluas-luasnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"