Israel Serang Iran, Ini 5 Fakta Kota Isfahan yang Jadi Sasarannya

Israel Serang Iran, Ini 5 Fakta Kota Isfahan yang Jadi Sasarannya

Israel serang Iran  pada Jumat (19/4). Adalah kota Isfahan yang menjadi target sasaran senjata Israel. Beberapa titik di kota Isfahan mengalami ledakan-ledakan. Namun belum diketahui terkait jumlah korban dan kerusakan yang terjadi di kota tersebut.

Serangan Israel ke Iran merupakan balasan dari Israel setelah negara tersebut diserang Iran beberapa hari lalu menggunakan ratusan drone. Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berujar akan melakukan serangan balik kepada Iran, namun tidak diketahui kapan akan dilakukannya. 

Lalu kenapa Israel menyerang Isfahan? Padahal Isfahan bukan kota besar atau ibu kota Iran seperti Teheran. Melansir dari berbagai sumber, ini beberapa fakta menarik tentang kota Isfahan yang diserang Israel.

Israel Serang Iran (CNN Indonesia)

1. Ada Pusat Program Nuklir

Di Isfahan terdapat pusat program nuklir Iran. Di sana memiliki tempat untuk melakukan pelatihan, penelitian, hingga pengembangan kemampuan nuklir Iran. Sepertinya Israel ingin “mengganggu” stabilitas terkait persenjataan nuklir Iran lewat serangan-serangan udara.

2. Kota Terbesar Ketiga di Iran

Isfahan terletak sekitar 340 kilometer arah selatan Teheran. Isfahan adalah kota terbesar ketiga di Iran setelah Teheran dan Mashdad. Jumlah penduduk kota ini mencapai 1,91 juta orang pada tahun 2016 lalu.

3. Terkenal dengan Bangunan Arsitektur Islam

Pada masa lalu tahun 1722, Isfahan pernah menjadi salah satu kota penting di dunia dalam perkembangan budaya Islam. Kota ini pernah dijadikan ibu kota Kekaisaran Persia. Sisa-sisa kejayaan terlihat dari bangunan-bangunan di kota Asfahan yang menyimpan nilai arsitektur Islam seperti pada bagian jembatan, istana, masjid, hingga Menara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"