Inilah Proses Metamorfosis Lalat yang Unik, Yuk Pelajari!

Inilah Proses Metamorfosis Lalat yang Unik, Yuk Pelajari!

Siapa sih yang nggak tau lalat? Lalat adalah serangga dari ordo Diptera. Lalat punya sayap terbang dan sepasang halter. Tubuh lalat juga kecil dan ramping dengan sayap dan sering terbang di tempat kotor.

Kepalanya bisa bergerak dengan mata. Biasanya, ia punya mata majemuk di kiri dan kanan kepala. 

Hewan yang kadang terasa mengganggu ini ternyata juga memiliki metamorfosis yang unik, loh. Yuk simak proses metamorfosis lalat berikut ini.

1. Fase telur pada metamorfosis lalat

telur lalat (idntimes.com)

Fase ini adalah tahap metamorfosis lalat yang pertama. Telur akan dihasilkan sama lalat betina. Hal ini kalo sel telurnya udah dibuahi oleh spermatozoa lalat jantan.

Telur lalat biasanya akan diletakan secara berkelompok oleh induk betina di tempat-tempat yang kotor. Misalnya kayak sampah, bangkai, sampai kotoran manusia. Jadi, hati-hati deh. Lebih baik kalian sering bersihin rumah biar nggak jadi sarang lalat.

Ternyata, ada banyak protein di tempat kotor itu yang sering jadi makanan larva lalat saat telur menetas nantinya. Nggak cuma itu aja, tempat yang kotor dianggap aman sama induk lalat dan bisa menghindari predator.

Umumnya, bentuk telur lalat itu lonjong bulat dan warnanya putih. Ukurannya yaitu 1 sd 2 mm. Telur bakal menetas dalam satu hari. Cepat, bukan? Setelah itu, bakal jadi larva.

2. Fase larva dalam metamorfosis lalat

larva di metamorfosis lalat (whyy.org)

Kalo telur udah menetas, maka larva akan keluar. Larva ini adalah yang biasa kita sebut belatung.

Pasti kalian tau kan? Bentuknya sangat menjijikan dan biasanya ada di tempat kotor atau bangkai hewan.

Larva bakalan tumbuh dan melakukan pergantian kulit. Semakin lama, tubuh larva bisa makin besar dan keras.

Fase ini pun berlalu sangat cepat, kira-kira 2 hari. Dalam pergantian kulit terakhir, larva akan nyari perlindungan yang jauh dari predator. Setelah itu, bakal masuk ke tahap metamorfosis lalat berikutnya.

3. Fase pupa dalam metamorfosis lalat

Dari larva, selanjutnya masuk ke tahap pupa. Saat jadi pupa, ia akan nyari tempat berlindung. Umumnya, tempat-tempat yang jadi pilihan ialah yang gelap dan terhindar dari sinar matahari. 

Makin lama, tubuh larva yang lembek jadi keras dan kokoh. Pada fase ini tubuh bakal ngalamin perubahan bentuk. Lalu, hari ketiga sampai keenam akan terbentuk sayap.

Setelah itu, ia bakal membelah dan terbang jadi lalat dewasa. Unik banget ya, metamorfosisnya?

4. Fase lalat dewasa dalam metamorfosis lalat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"