Inilah Kisah Hoaks Terbesar dari Surat Kabar Abad ke-19 Lalu, Menyebut Ada Unicorn dan Humanoid Bersayap di Bulan

Inilah Kisah Hoaks Terbesar dari Surat Kabar Abad ke-19 Lalu, Menyebut Ada Unicorn dan Humanoid Bersayap di Bulan

Hoaks atau berita bohong merupakan materi berita yang sangat mudah tersebar. Di jaman secanggih sekarang aja hoaks masih bisa beredar dengan cepat. Orang-orang pun bisa percaya dengan sebuah berita yang setelah ditelisik ternyata hanyalah berita bohong.

Di jaman ini, hoaks bisa tersebar lewat berbagai platform media dan media sosial. Tapi ternyata, hoaks tuh udah ada setidaknya lebih dari seratus tahun terakhir loh gengs.

Hoaks pernah tersebar dan membuat orang percaya jaman dulu. Waktu itu bahkan belom ada teknologi secanggih sekarang.

Hoaks terbesar pernah muncul abad ke-19 lalu (pinterest.com)

Hoaks itu tersebar pada abad ke-19 lalu, tepatnya tahun 1835 silam. Pada waktu itu, muncul sebuah hoaks terbesar yang pernah ada terkait penemuan ilmiah. Hoaks itu dikenal dengan istilah "The Great Moon".

Hoaks terbesar "The Great Moon" bermula dari sebuah artikel dengan judul yang sama. Berita itu dipubikasikan oleh koran The New York Sun. Isinya adalah tentang kehidupan di Bulan yang terbit pada 1835 silam.

The Great Moon sendiri adalah artikel berantai. Artikel itu menyebutkan seorang ahli bernama Dr. Andrew Grant yang digambarkan sebagai rekan John Herschel, seorang astronom ternama kala itu.

Sebelumnya, Herschel telah melakukan perjalanan ke Cape Town, Afrika Selatan. Di sana, herschel melakukan observasi memakai teleskop baru setahun sebelumnya. Mungkin itulah teknologi tercanggih di jaman itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"