Inilah Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia dari Masa ke Masa, Siapa yang Paling Kaya?

Inilah Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia dari Masa ke Masa, Siapa yang Paling Kaya?

Pasca mendeklarasikan kemerdekaannya hingga saat ini, Indonesia telah memiliki total tujuh kepala negara. Presiden tersebut adalah Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo.

Selain gaya memimpin, kekayaan seorang presiden juga kerap disorot oleh publik. Gimana enggak, sebagai orang pertama di suatu negara, pasti pendapatan presiden "berbeda" dari masyarakat pada umumnya. Nah, apakah kamu tahu, berapa kekayaan presiden-presiden di Indonesia itu?

Dilansir dari Youtube Update Pro, Selasa (19/4/2022) inilah kekayaan tujuh presiden Indonesia dari masa ke masa:

1. Soekarno

Ir Soekarno (Liputan.com)

Jumlah kekayaan pertama Indonesia itu memang masih menjadi misteri hingga kini. Namun Kronen Zeitung (koran Austria) pada 2012 lalu menyebutkan bahwa Soekarno memiliki 57.000 ton emas yang diberikan dari Amerika. Pernyataan itu diperkuat dengan klaim salah satu mediator, Gustav Jobsmann yang mengatakan kekayaan Soekarno mencapai $180 miliar US (Rp22 triliun). Uang tersebut disimpan di UBS (Union Bank of Switzerland). Usut punya usut, kekayaanya berasal dari sejumlah bisnis yang ia tekuni semasa hidup.

2. Soeharto

Sudah menjadi rahasia umum kalau Soeharto dan ketutunannya memiliki harta kekayaan yang cukup tinggi. Dilansir dari majalah Forbes, kekayaan presiden ke-2 Republik Indonesia ini mencapai $4 miliar US (Rp55 triliun). Selain itu, Soeharto memiliki banyak Yayasan yang tersebar di berbagai wilayah sehingga memberikan income yang sangat besar. Kekayaan Soeharto juga berasal dari 3,6 hektare real estate di sejumlah kota besar Indonesia.

3. BJ Habibie

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"