Inilah Deretan Pesawat Canggih Milik Pemimpin-Pemimpin di Dunia

Inilah Deretan Pesawat Canggih Milik Pemimpin-Pemimpin di Dunia

Pemimpin suatu negara tentu saja memiliki sarana transportasi seperti pesawat, yang didesain sedemikian rupa sesuai dengan protokol kepresidenan, guna mempermudah presiden dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negara.

Sudah menjadi kebanggaan tersendiri, setiap presiden di sejumlah negara rela mengeluarkan anggaran besar demi mendapatkan "burung besi" yang bergengsi. Berkapasitas besar, tingkat keamanan tinggi, canggih, dan tentu saja mewah menjadi beberapa unsur penting yang perlu diperhatikan.

Dalam sejarah, C-54 Skymaster menjadi pesawat pertama yang didedikasikan untuk membawa presiden, yakni Presiden Amerika Serikat.

Lalu seperti apa pesawat canggih milik presiden di dunia lainnya? Berikut daftar pesawat canggih milik pemimpin-pemimpin di dunia:

1. Air Force One Amerika Serikat

Air Force One Amerika Serikat (Indozone)

Pesawat yang satu ini sudah tak asing lagi menjadi pesawat VIP paling terkenal milik Presiden AS. Salah satunya yaitu Boeing 747-200B, yang dibeli AS dengan harga USD 326 juta atau kisaran Rp4,6 triliun.

Berbagai fitur yang ditawarkan antara lain, tindakan pencegahan pertahanan untuk mengganggu rudal pencari panas, teknologi untuk mengganggu radar, fasilitas komunikasi luas, serta dapat mengisi bahan bakar dalam penerbangan. Pesawat itu dapat melaju hingga lebih dari 1.000 km/jam, didukung dengan empat mesin turbofan.

Pesawat presiden AS yang kedua yaitu Boeing VC-25, yang menjadi versi militer dari pesawat pertama. Dengan kisaran harga yang serupa yakni USD 325 juta, pesawat ini difasilitasi dengan alat komunikasi canggih sehingga bisa berubah menjadi pusat komando terbang jika terjadi serangan terhadap AS.

Luas bagian dalamnya hampir 400 meter persegi dan memiliki tiga lantai, dilengkapi dengan kamar medis berperangkat operasi serta dapur yang mampu melayani hidangan untuk 100 orang sekaligus. Wow!

2. Ilyushin IL-96, Rusia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"