Inilah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang polusi udara. Penting nih.

Polusi udara ... apa yang kalian ketahui tentang hal itu? Sebenernya ada banya yang belom kita ketahui. Jadi jelas bukan sekadar mengganggu kesehatan aja loh, bisa menyebabkan kematian pula. Waduh!

Dampak dari polusi udara pun menyebar ke semua lini kehidupan juga loh. Polusi udara bisa menyebabkan kerugian ekonomi juga gengs. Bahkan ada sejumlah kerugian lainnya yang terkena imbasnya.

Seperti dikutip dari IDN Times, inilah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang polusi udara. Simak deh.

1. Sumber-sumbernya

1. Sumber-sumbernya Sumbernya bisa dari yang bergerak dan yang tidak (inhabitat.com)

Ada banyak sumber polusi udara di dunia ini. Mulai dari polusi yang nggak bergerak, sampe yang bergerak juga. Yang nggak bergerak misalnya pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Sementara yang bergerak misalnya kendaraan bermotor yang memadati jalan-jalan kota.

2. Jumlah kematian karena polusi udara tuh banyak sekali

2. Jumlah kematian karena polusi udara tuh banyak sekali Kematian akibat polusi udara tuh tinggi loh (nationalgeographic.com)

World Health Organization (WHO) menyebut sekitar 7 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat polusi udara. Kalo dirata-rata, polusi udara berhasil membunuh 800 ribu orang per jam, atau 13 orang per menit.

Jumlah kematian akibat polusi udara itu lebih banyak dibanding jumlah kematian akibat malnutrisi atau sebab-sebab lainnya.

3. Anak-anak paling berisiko terdampak polusi udara

3. Anak-anak paling berisiko terdampak polusi udara Anak-anak lah yang paling berisiko (medium.com)

WHO juga menyebutkan, 93% anak-anak di dunia menghirup udara dengan konsentrasi polutan yang tidak sehat. Akibatnya, 6.000 anak meninggal setiap tahun.

Lebih jauh, polusi udara juga mempengaruhi pertumbuhan otak anak, dan itu yang menyebabkan gangguan kemampuan berpikir dan geraknya. Selain itu, polusi juga menyebabkan gangguan penyakit kronis saat si anak tumbuh besar nanti.

4. Polusi udara membuat kerugian ekonomi secara global

4. Polusi udara membuat kerugian ekonomi secara global Polusi udara bikin kerugian ekonomi juga gengs! (bustle.com)

World Bank menyebutkan, polusi udara menyebabkan kerugian ekonomi global sebanyak 300 miliar dollar AS. 5 miliar dollar di antaranya adalah kerugian untuk biaya kesehatan dan keselamatan akibat polusi udara.

Sisa dari kerugian itu adalah untuk menanggung akibat banyaknya pendapatan yang hilang karena terhambat atau terhentunya aktivitas orang-orang. Entah karena sakit, atau meninggal dunia.

5. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara?

5. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara? Kalian bisa mulai dari diri kalian sendiri kok (shutterstock.com)

Untuk menangani berbagai kasus yang timbul akibat polusi udara, diperlukan langkah besar. Upaya itu bisa dilakukan oleh pemerintah dengan lebih ketat lagi. Tapi, kita sebagai masyarakat juga bisa kok melakukan sejumlah langkah untuk mengurangi parahnya polusi udara.

Simpel kok, kalian cuma perlu mengurangi membawa kendaraan bermotor dari dan menuju suatu tempat. Biasakan jalan kaki deh kalo jaraknya emang deket. Atau gunakan kendaraan umum aja gengs.

Pokoknya, itulah beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui tentang polusi udara. Lakukan langkah yang tepat ya gengs. Semoga kita semua baik-baik saja.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations