Ini Loh Manfaat Persahabatan Bagi Kesehatan Tubuh Kalian, Percaya Nggak?

Ini Loh Manfaat Persahabatan Bagi Kesehatan Tubuh Kalian, Percaya Nggak?

Punya temen itu bikin kita jadi nggak kesepian. Tanpa teman sedikit pun pasti hidup kita jadi hampa. Kalo tiba-tiba butuh bantuan dan lagi nggak ada keluarga, teman adalah satu-satunya yang bisa kalian andalkan. Makanya, penting banget punya temen-temen deket yang bisa dipercaya.

Tapi, tau nggak sih, ternyata persahabatan juga punya manfaat kesehatan loh. Yuk, ketahui apa aja manfaat persahabatan bagi kesehatan tubuh.

1. Manfaat persahaban yang bikin panjang umur

manfaat persahabatan (imgflp.com)

Tau nggak sih, kalo persahabatan juga bisa bikin panjang umur? Ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan sama jurnal kesehatan “PLoS Medicine” pada tahun 2010. Kalian yang punya temen banyak lebih hidup lama dibanding mereka yang terisolasi secara sosial.

Uniknya, konon efek ikatan sosial ini lebih besar daripada olahraga. Bahkan, setara sama efek dari berhenti merokok. Wah, jadi pengen punya banyak temen ya?

2. Manfaat persahabatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Kalo kalian ngerasa jarang sakit, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kalian punya sahabat-sahabat sejati yang bisa dipercaya. Nggak cuma itu aja, bahkan menurut studi, badan kalian akan lebih cepat sembuh dari luka dan punya risiko rendah terhadap banyak penyakit.

3. Manfaat persahabatan buat jaga pikiran tetep tajam

manfaat persahabatan buat pikiran (healthdiggests.com)

Punya temen itu bisa bikin kalian ngerasa berharga. Nah, ternyata ini juga bisa bikin pikiran kalian tetep tajam loh. Menurut sebuah penelitian di Belanda di “Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry” 2012, mereka yang mempunyai teman sedikit lebih berisiko terkena dementia.

Dementia adalah penyakit degeneratif. Penyakit ini bikin perubahan dalam cara berpikir dan berinteraksi sama orang lain. Penderita bisa jadi pelupa. Lalu, kemampuan berbicara dan motoriknya bakal menurun.

Menurut penelitian itu, perasaan kesepian dihubungkan dengan gejala awal dementia. Persepsi soal nggak adanya keterikatan sosial inilah yang menimbulkan risiko penurunan kognitif. Walopun demikian, belum tentu kalian yang kesepian bakal terkena dementia. Jadi, penelitian ini belom bisa dijadiin patokan ya.

4. Manfaat persahabatan buat ngurangin stres



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"