Ini Lho Daftar Sekutu Indonesia Bila Terjadi Perang, Bakal Dibela Terus Gaes

Ini Lho Daftar Sekutu Indonesia Bila Terjadi Perang, Bakal Dibela Terus Gaes

Dalam sistem peperangan modern, sekutu adalah hal yang penting dimiliki dan diperhitungkan. Dengan memiliki sekutu, kekuatan satu kelompok bisa meningkat beberapa kali lipat.

Apalagi di masa modern saat ini. Masa di mana setiap negara berlomba untuk menciptakan senjata dan memaksimalkan teknologi sebagai satu bentuk peperangan siber.

Perang siber (jltspecialty.com)

Gak perlu kontak fisik atau perang terbuka. Yang dibutuhkan hanyalah informasi yang tepat dan eksekusi yang cepat.

Hal ini pun juga penting untuk Indonesia. Bisa dibilang, secara geostrategi, wilayah Indonesia adalah wilayah yang wajib dikuasai oleh pengaruh atau kepentingan tertentu. 

Dari beragam konflik yang terjadi di negara ini, kita bisa sedikit melacak benang merah yang menyambungkan mereka ke kekuasaan tertentu. Dan mata-mata penguasa pun selalu mengintai di balik kelemahan yang gak sengaja ditunjukkan pemerintah.

Militer Indonesia (sputniknews.com)

Lalu, kira-kira, saat negara kita mulai dilirik dan dijadikan area perang terbuka seperti di Timur Tengah, negara mana saja yang bakal mengirimkan bala bantuannya? Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, negara sekutu Indonesia bila terjadi perang tuh siapa aja, ya?

Buat kalian yang penasaran, berikut adalah daftar sekutu Indonesia. Gak cuma di bidang militer aja, untuk menghangatkan hubungan, beberapa negara bahkan juga turut berinvestasi dalam pembangunan dan ekonomi Indonesia. Wih.

Arab Saudi

Bagi Arab Saudi, negara Indonesia memiliki arti yang besar sekali. Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki jutaan calon jemaah haji yang tentunya bisa mendongkrak perekenomian salah satu negara besar di Timur Tengah ini.

Militer Arab Saudi (newsweek.com)

Hal itulah yang menyebabkan negara ini menjadi salah satu negara sekutu Indonesia sekarang. Untuk kepentingan jangka panjang, banyak banget keuntungannya, gaes!

Rusia

Kekuatan Rusia di dunia Internasional tak diragukan lagi. Di bawah pemerintahan presiden Vladimir Putin, negara ini bahkan bangkit menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer dan ekonomi yang diperhitungkan.

Militer Rusia (militarytimes.com)

Keuntungan itu diperkuat dengan hubungan Indonesia-Rusia yang sudah dijalin sejak lama. Menurut catatan sejarah, Ir. Soekarno pun sudah menjalin hubungan dengan negara ini dan menjadikannya salah satu daftar sekutu Indonesia.

Contoh riil yang bisa kita lihat adalah saat terjadi kisruh di Irian Barat. Pada masa itu, Indonesia diberi bantuan berupa KRI Irian Jaya, yang kalo dinominalkan senilai USD 2,5 miliar!

Singapura

Secara ekonomi, kekuatan dan pengaruh Singapura di regional Asia Tenggara tak diragukan lagi. Namun, semua itu tentu hasil kerja sama yang apik antara Indonesia-Singapura yang sudah terjalin lama.

Militer Singapura (contactairlandandsea.com)

Untuk alasan kedua, peran Indonesia di Asia Tenggara pun cukup besar. Jika negara kita tumbang, menurut perhitungan para ahli, negara-negara di kawasan ini bakalan kehilangan arah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"