Ini Dia Orang yang Jadi Model Patung Pancoran, Wajahnya Mirip Abiss

Ini Dia Orang yang Jadi Model Patung Pancoran, Wajahnya Mirip Abiss

Patung pancoran  atau Patung Dirgantara merupakan salah satu patung yang terkenal di Jakarta. Lokasi patung yang sangat strategis membuat seluruh warga DKI Jakarta sudah pernah melihatnya. Bahkan warga pendatang pun tahu tentang patung pancoran. Patung tersebut dibuat di rezim orde lama atau saat Soekarno jadi Presiden.

Patung ini memiliki tinggi 11 meter dan tinggi kaki patung 27 meter. Patung yang juga disebut Patung Dirgantara ini dibuat oleh pematung bernama Edhi Sunarso.  Pria asal Yogyakarta itu membuat patung karena diminta oleh Soekarno kala itu. Total biaya habiskan Rp 12 juta.

Patung yang berbentuk seorang pria sedang menunjuk tangan ke arah utara ini sempat menjadi pertanyaan banyak orang, khususnya warga Jakarta yang sering lewat di kawasan itu. Memang filosofinya tempat apa yang ditunjuk oleh patung tersebut.

Ini Dia Orang yang Jadi Model Patung Pancoran, Wajahnya Mirip Abiss (CNN Indonesia)

Dilansir dari Liputan6, beberapa spekulasi berkembang di kalangan masyarakat. Ada yang menyebut patung itu mengarahkan tangannya ke lokasi penyimpanan harta kekayaan Soekarno yang masih dirahasiakan. Ada juga tangan itu mengarah ke pelabuhan Sunda Kelapa di utara Jakarta sebagai salah satu titik sentral di Jakarta kala itu.

Namun ternyata patung ini menunjuk ke Bandar Udara Kemayoran. Bandar udara itu menjadi Bandara pertama di Jakarta sebelum aktivitas Bandara pindah ke Bandara Soekarno - Hatta. Pada masa jayanya, Bandara ini menjadi tempat strategis bagi orang yang mau datang ke Jakarta dengan pesawat terbang.

Selain soal arah tangan patung tersebut, yang masih jadi misteri adalah sosok orang yang jadi model patung tersebut ketika pertama kali dibuat. Soekarno sempat meminta pembuat patung, Edhi Sunarso untuk mencari model. Pria asal Yogyakarta itu bingung ketika diminta Soekarno mencari model.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"