Ini Dia Negara-Negara dengan Pemerintahan Terbaik di Dunia

Ini Dia Negara-Negara dengan Pemerintahan Terbaik di Dunia

Ada negara, ada pemerintahannya. Masing-masing negara modern pun pasti punya sistem pemerintahannya sendiri. Dan tentunya, beda-beda dong, termasuk negara kita Republik Indonesia tercinta.

Masing-masing pemerintahan yang berbeda-beda itu pasti punya satu tujuan. Yang paling utama ya jelas memajukan bangsanya sendiri dong~ Indonesia juga sedang melakukan hal itu, bukan?

Nah, sejumlah riset dari beberapa lembaga internasional macem World Justice Project hingga World Bank telah membuat rangking negara dengan pemerintahan terbaik. 

Dikutip dari BBC via Merdeka.com, ini dia negara-negara dengan pemerintahan terbaik di dunia.

1. Denmark

1. Denmark Parlemen di Denmark (oddviser.com)

Kenapa Denmark jadi negara di peringkat teratas sebagai negara dengan pemerintahan terbaik dunia? 

Sebab Denmark berhasil memenuhi kebutuhan kesehatan, nutrisi, pendidikan dasar, serta komunikasi antar-warganya. Bahkan, negara kecil di utara Jerman ini memastikan bahw semua orang yang tinggal di sana mendapat fasilitas tersebut.

Masyarakat di Denmark (footage.framepool.com)

Kepercayaan tinggi antar-warga juga dipupuk dengan baik oleh warga Denmark. Mereka saling memahami satu sama lain. Misalnya, kalo kita sakit dan gak bisa masuk kantor, kita gak perlu surat dokter segala.

Kita cukup bilang ke atasan kalo kita sakit, dan pasti dibolehin gak masuk kerja deh. Ini ya karena rasa peraya itu, gengs. Percaya.

Kalo dari yang keliatannya sepele gitu aja bisa saling paham, gimana yang ukuran makro macem pemerintahannya coba? Hebat ya~

2. Selandia Baru

2. Selandia Baru Parlemen Selandia Baru (time.com)

Negara yang terletak di belahan bumi selatan ini juga tergolong yang menempati peringkat teratas negara dengan pemerintahan terbaik di dunia.

Selandia Baru memberikan perlakuan khusus kepada para lanjut usia (lansia). Terutama bagi warga negara yang masuk/telah berusia 65 tahun. 

Rakyat Selandia Baru (radionz.co.nz)

Pemerintah Negeri Kiwi ini akan memberikan tunjangan dengan nilai besar apa pun latar belakang mereka.

Lebih jauh, Selandia Baru juga dikenal sebagai negara pertama di dunia yang memberikan hak pilih kepada perempuan. Bayangin aja, hak pilih untuk perempuan di sana udah berlangsung sejak tahun 1893 silam gengs!

3. Kanada

3. Kanada Gedung Parlemen Kanada (reuters.com)

Negara luas di Amerika Utara ini disebut-sebut sebagai negara paling stabil urusan politiknya. Di sana nyaris gak ada isu terorisme atau kekerasan. Mungkin karena adem kali ya.

Tapip bukan itu alasannya. Soalnya, Kanada cenderung bisa menerima perbedaan. Iya, P-E-R-B-E-D-A-A-N.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"