Ini Dia Jajaran Hewan yang Dianggap Paling Cerdas di Bumi

Ini Dia Jajaran Hewan yang Dianggap Paling Cerdas di Bumi

Manusia kan diciptakan Tuhan dengan akal dan kesempurnaan fisik. Beda halnya dengan hewan, tapi mereka punya insting yang tajam. 

Makhluk hidup jenis ini masing-masing punya sejuta keunikannya. Ada yang bisa hidup di darat, air, udara, bisa terbang, berenang, manjat pohon dengan cepat. Ada yang bisa lari supercepat, pendengaran super, penciuman super, penglihatan super, dan seterusnya.

Di antara semua itu, ada juga loh hewan yang dikaruniai kecerdasan. Mungkin mereka juga bisa membantu aktivitas manusia. Cuman, kadang bingung, mereka kok gak bisa langsung berkawan gitu aja dengan manusia ya?

Kalo gitu, kita simak aja deh nih jajaran hewan yang dianggap paling cerdas di Bumi.

1. Semut

1. Semut Sekumpulan semut (mini-ielts.com)

Semut emang kecil, tapi jangan kalian remehkan loh. Mereka adalah hewan yang sangat cerdas. Katanya nih, semut udah mulai melakukan aktivitas bertani jauh sebelum manusia hidup di dunia.

Katanya, mereka bisa mengelola bibit jamur dan dipanen untuk dimakan setelah tumbuh. Hewan yang berasal dari keluarga insecta ini juga tertib banget. Mereka bisa bikin antrian panjang hingga ribuan mil panjangnya.

Mereka emang gak bisa bicara, tapi mereka cerdas karena dapat melakukan pekerjaan berat sambil gotong royong.

2. Gurita

2. Gurita Foto gurita (cnet.com)

Hewan ini terlihat paling menyeramkan di Bumi. Dengan badannya yang lentur, gurit adalah predator yang jago menyelinap dan terampil berkamuflase.

Kamuflasenya juga cukup ekstrem. Dia bisa meniru lingkungan sekitarnya dan mengubah warna tubuhnya. Doi bisa sembunyi waktu berburu mangsa. Begitu deket, langsung dilibas. Kalo kabur, doi juga pake tinta hitamnya dan berenang secepat-cepatnya. Gokil emang bangsanya Squidward ini.

3. Simpanse

3. Simpanse Foto simpanse, lagi duduk (discoverwildlife.com)

Kalian pasti gak asing sama simpanse deh. Ya, hewan ini juga diklaim sebagai hewan paling cerdas setelah manusia. Primata ini juga berlaku seperti apa yang manusia lakukan.

Mereka bisa berpikir seperti manusia. Hebatnya lagi, doi bisa tuh menjawab soal matematika sederhana. Selain itu, simpanse juga bisa dilatih jadi lebih cerdas lagi ketimbang hewan lainnya. Soalnya, simpanse punya kemampuan dan kapasitas otak yang setara dengan manusia berusia lima tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"