Ini Dia Alasan Mengapa Hewan Zebra Tak Pernah Ditunggangi Seperti Kuda

Ini Dia Alasan Mengapa Hewan Zebra Tak Pernah Ditunggangi Seperti Kuda

Zebra termasuk hewan yang memiliki kemampuan berlari kencang seperti kuda. Tapi pernah terpikirkan gak, kenapa hewan belang-belang ini gak pernah dipelihara atau ditunggangi seperti kuda?

Nah, pada zaman dulu, orang-orang Eropa yang menjajah Afrika sempat menjinakkan zebra. Para zebra yang berada di sabana Afrika kala itu dikelilingi dengan hewan-hewan ganas, seperti singa, cheetah dan sebagainya.

Kebetulan, zebra ini merupakan hewan yang cukup reaktif ketika ada bahaya yang mengancam. Sehingga mereka jadi mudah impulsif dan menolak untuk ditangkap. Selain itu, zebra juga bukanlah hewan yang mau tunduk dengan perintah manusia seperti kuda.

Alasan mengapa zebra tak bisa ditunggangi seperti kuda (via kaskus.com)

Sebenarnya, di zaman dulu sudah banyak orang Eropa yang mencoba menjinakkan zebra. Bahkan di abad ke 19, ada sejumlah zebra yang dipaksa untuk menarik kereta dan ditunggangi manusia seperti kuda. Tapi ternyata, zebra tersebut tetap saja tak bisa dijinakkan.

Alasannya? Karena hasil seleksi alam yang di saat zaman nenek moyang dulu, setiap hewan termasuk zebra memiliki cara tersendiri untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Sekitar 12.000 tahun lalu, muncullah budaya kuda yang dimanfaatkan untuk keperluan pertanian dan moda transportasi. Ternyata, kuda memang terbukti bisa membantu manusia sehingga sangat mudah untuk dijinakkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"