Ini Bentuk Indomaret Pertama di Indonesia, Bukan di Jakarta dan Beda Banget dengan yang Sekarang

Ini Bentuk Indomaret Pertama di Indonesia, Bukan di Jakarta dan Beda Banget dengan yang Sekarang

Indomaret menjadi minimarket yang berkembang pesat karena hingga Maret 2021 sudah memiliki 18.603 gerai yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Batam, Kalimantan, Sulalwesi, dan Maluku. Namun Indomaret pertama yang beroperasi di Indonesia ternyata bukan berada di Jakarta lho.

Toko Indomaret pertama justru berdiri di Kalimantan Timur, tepatnya di dalam kawasan perusahaan kayu kalamur sekitar tahun 1988. Belum lama ini foto pertama Indomaret di Kalimantan tersebut beredar di sosial media. Bentuk bangunan Indomaret sangat sederhana jika dibandingkan dengan Indomaret saat ini yang membuat pelanggan nyaman berbelanja.

Saat itu Indomaret masih bernama Indomart. Banyak terkejut dengan penampakan Indomaret kala itu, seorang warganet terkejut melihat penampakan foto Indomaret. "MasyaAllah kayak pos security," ujar seorang warganet berkomentar.

Indomaret Pertama di Indonesia Masih Bernama Indomart (Pinterest)

Sepertinya nama Indomart pun diubah menjadi Indomaret. Ada dua hal yang membuat nama Indomart diganti menjadi Indomaret. Yang pertama karena menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia yang lebih mudah mengucapkan kata maret dibandingkar mart, sehingga Indomart diubah menjadi Indomaret.

Selain itu pada tahun 90-an sempat muncul peraturan pemerintah yang datang dengan semangat nasionalisme bagi masyarakat. Sehingga pemerintah mengimbau agar brand di Indonesia menggunakan nama bahasa Indonesia dan dilarang gunakan bahasa Inggris sehingga mart diubah menjadi maret.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"