Ini 5 Penyebab Mahasiswa Salah Masuk Jurusan Kuliah, Biasanya Nyesal di Akhir

Ini 5 Penyebab Mahasiswa Salah Masuk Jurusan Kuliah, Biasanya Nyesal di Akhir

Mahasiswa yang kuliah di sebuah universitas biasanya masuk jurusan sesuai dengan keinginannya sendiri. Mereka memutuskan kuliah di jurusan tertentu untuk mendalami ilmu sesuai minat dan nantinya dari ilmu tersebut akan dipelajari untuk masuk ke dunia kerja.

Tapi ada lho ternyata mahasiswa yang terpaksa masuk ke jurusan tertentu dan membuatnya tidak nyaman menjadi mahasiswa. Akhirnya ia menjadi menyesal dan tidak semangat kuliah. Mahasiswa itu bisa jadi ingin pindah universitas atau ganti jurusan padahal sudah beberapa tahun kuliah. Memang apa saja sih penyebab mahasiswa salah masuk jurusan?

1. Pilihan Orangtua

Orangtua yang membiayai perkuliahan anaknya selama di universitas tentu ingin memberikan masa depan baik untuk anaknya Kadang keinginan orangtua tak sama dengan minat dan bakat anaknya. Akhirnya si anak memutuskan masuk ke jurusan kuliah pilihan orangtua. Ia pun menjadi tidak bisa mengikuti kuliah karena tidak suka dengan ilmu kuliah tersebut.

Ilustrasi Mahasiswa Kuliah (Dunia Dosen)

2. Ikut Teman

Karena sudah akrab sejak masa sekolah dulu, ada juga orang yang rela memilih jurusan kuliah sesuai dengan jurusan pilihan sahabat atau teman. Ia tak rela bila kuliah berpisah dengan temannya meski harus mengorbankan diri memilih jurusan kuliah yang sama dengan teman padahal jurusan itu tidak disukainya.

3. Kurang Riset

Melakukan riset sebelum memilih jurusan kuliah ada hal yang benar. Jadi jangan sampai saat memilih jurusan tergesa-gesa. Coba pikirkan apakah jurusan kuliah itu sesuai dengan minat dan potensi dalam diri, termasuk bagaimana kesempatan kerja setelah lulus kuliah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"