Inggris Urungkan Niat Bantu Malaysia Ngebom Jakarta Karena Tahu Soekarno Punya Senjata Ini

Inggris Urungkan Niat Bantu Malaysia Ngebom Jakarta Karena Tahu Soekarno Punya Senjata Ini

Tidak hanya belakangan, Indonesia memiliki masalah dan berseteru dengan Malaysia. Di era pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia juga ternyata pernah memiliki hubungan yang tak baik dengan negara tetangga yang satu ini.

Kala itu, saking panasnya konflik antara Indonesia dan Malaysia. Sempat muncul semboyan Ganyang Malaysia. Peperangan antara Indonesia dan Malaysia pun kabarnya siap meletus.

# Persiapan Soekarno Melawan Malaysia

Dalam rangka menyiapkan negaranya untuk perang melawan Malaysia. Presiden Soekarno menyiapkan kekuatan tempurnya. Kemudian diselenggarakanlah Operas Dwikora. Soekarno juga menyiapkan pasukan yang terdiri dari gabungan para sukarelawan dan pasukan TNI/Polri.

Dwi Komando Rakyat tahun 1964 (wawasansejarah.com)

Saat konflik itu terjadi. Malaysia mendapat dukungan langsung secara penuh oleh militer Inggris. Dengan kata lain, sebenarnya kekuatan militer yang dimiliki Malaysia tidak bisa diimbangi oleh Indonesia. 

Apalagi Inggris sendiri mengaku tidak main-main untuk membela Malaysia. Inggris bahkan mengancam akan ngebom Jakarta menggunakan Avro Vulcan, pesawat bom nuklir jarak jauh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"