Indonesia Termasuk? Negara-negara di Dunia yang Gaji Presidennya Kecil Banget

Indonesia Termasuk? Negara-negara di Dunia yang Gaji Presidennya Kecil Banget

Sebagai pemimpin sebuah negara harusnya Presiden mendapatkan gaji yang cukup besar. Tapi gaji Presiden di negara-negara tertentu justru sangat kecil. Apakah Presiden di Indonesia juga termasuk sebagai kepala negara dengan gaji paling kecil di dunia? Berikut penjelasanya.

1.    Uruguay

Presiden Uruguay Jose Mujica menjadi Presiden “termiskin” di dunia. Mujica hanya digaji sekitar 15.000 USD atau Rp 215 juta per tahun. Berarti dalam Sebulan, rata-rata ia mendapatkan penghasilan sekitar Rp 17,9 juta. Sosok Mujica memang terkenal dermawan karena sering memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan.Mujica berbeda dengan pemimpin negara lainnya karena tak memiliki rekening bank.

2.    Senegal

Micky Sal adalah Presiden Senegal. Ia menjadi Presiden sejak tahun 2012. Dalam setahun Sall mendapatkan gaji tahunan sekitar Rp 223 juta. Pria berusia 53 tahun itu sejak kecil memang dibesarkan dalam keluarga miskin. Jenjang karir Sal berawal dari Perdana Menteri dan Wali Kota.

Negara-negara yang Gaji Presidennya Kecil Banget

3.    Tunisia

Masih di negara Afrika kali ini Tunisia masuk dalam daftar. Negara di bagian utara Afrika itu sebenarnya memiliki kondisi ekonomi yang cukup baik dibandingkan negara Afrika lainnya. Tapi Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi justru mendapatkan gaji yang pas-pasan. Essebsi sosok yang tahu akan kondisi negaranya. Ia tak mau bergaji besar selama rakyatnya belum makmur. Dalam sebulan ia mendapatkan gaji 16.000 USD atau sekitar Rp 229 juta.

4.    China

Ternyata China masuk dalam daftar. Padahal negara maju di Asia dan dunia ini memiliki banyak orang kaya. Namun Xin Jinping Presiden China hanya mendapatkan gaji sekitar Rp 23.000 USD atau sekitar Rp 319 juta per tahun.Meski gajinya dianggap kecil tapi Xin Jinping mendapatkan fasilitas yang cukup mewah.

5.    India

Presiden India, Pranab Mukherjee digaji 28.800 USD atau Rp 413 juta. Dalam sebulan kira-kira orang nomor satu di Indonesia ini mendapatkan gaji Rp 34,4 juta. Meskipun bergaji tidak besar, sebagai Presiden Mukherjee mendapatkan fasilitas, misalnya tinggal di bangunan mewah Rashtrapathi Bhayan, sebuah gedung pencakar langit dengan berisi 340 kamar mewah dan punya 200 staf untuk melayaninya selama berada di tempat itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"