Indonesia dan Monako Punya Warna Bendera Sama Persis, Tapi Ada Perbedaannya Lho

Indonesia dan Monako Punya Warna Bendera Sama Persis, Tapi Ada Perbedaannya Lho

Indonesia dan Monako merupakan dua negara yang memiliki warna bendera yang sama persis yakni merah dan putih. Monako yang lebih dulu merdeka sempat tidak menerima bila Indonesia memilih warna merah putih sebagai warna bendera. Sebab Monako merasa lebih dulu dengan bendera merah putih.

Monako sempat meminta Indonesia untuk mengganti warna merah putih dengan warna atau desain yang lain.Namun fakta sejarah berkata lain. Jauh sebelum kemerdekaan Monako pada 1881, kerajaan Majapahit di Indonesia pada 1292 sudah digunakan sebagai bendera kebesaran dan sudah dikibarkan.

Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Karena wilayah kekuasaanya mencakup nusantara dan sampai negara tetangga seperti Malaysia. Akhirnya pihak Monako pun menerima bendera merah putih menjadi bendera kebesaran Indonesia.

Bendera Indonesia (The Asian Parent)

Dikutip dari 99.co, perbedaan bendera Indonesia dan Monako terdapat pada bagian dimensi bendera yang berbeda. Mulai dari panjang dan lebar antara merah dan putih pada bendera Indonesia ada 2:3, sementara untuk Monako panjang dan lebar antara merah dan putih sebesar 4:5.

Sementara itu perbedaan soal warna merah kedua bendera juga berbeda. Warna merah bendera Indonesia menggunakan PMS Red:032 sementara warna merah bendera Monako dengan PMS Red: 032 C.Jika mengikuti CMYK Process maka perpaduan warna merahnya adalah 0 persen Cyan, 90 persen Magenta, 86 persen Yellow, dan 0 persen Black.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"