India Kacau Saat Pandemi Corona, Ini Bukti Lockdown Belum Tentu Baik?

India Kacau Saat Pandemi Corona, Ini Bukti Lockdown Belum Tentu Baik?

Apakah daerah kalian udah ngelakuin lockdown? Lockdown emang diharapkan ngasih manfaat positif, yakni mencegah penyebaran virus Covid-19.

Tapi, apalah daya, nggak selamanya lockdown itu menimbulkan efek baik. Apalagi, di daerah yang masyarakatnya belom siap.

India adalah salah satu negara yang melakukan lockdown untuk mengatasi wabah virus corona. Tapi nggak diduga, hal ini bikin kekacauan secara ekonomi. Dan dari masalah ekonomi inilah, masalah lainnya muncul. 

India lockdown (genpi.co)

Kekacauan ekonomi sendiri dikarenakan banyak migran yang bekerja dengan ngandelin pendapatan harian di sektor informal. Nah, karena nggak dapetin uang, mereka nggak bisa bayar sewa kontrakan dong. 

Melansir Kompas, ada puluhan ribu orang yang kehilangan pendapatan harian. Sebagian besar dari mereka emang pekerja harian. Akhirnya, mereka meninggalkan kota besar tempat mereka tinggal.

Kondisi India lockdown (aljazeera.com)

Kondisi ini malah berisiko membuat orang-orang milih pulang kampung. Meskipun, udah dihimbau buat stay di rumah aja. 

Sementara itu, anggota parlemen pemimpin pattai oposisi Rahul Gandhi dalam suratnya pada Perdana Menteri India mengungkapkan kalo pemerintah perlu campur tangan dan segera ngasih mereka bantuan uang sewa. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"