Ilmuwan Menjelaskan Mengapa Malas-Malasan Malah Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja, Penasaran?

Ilmuwan Menjelaskan Mengapa Malas-Malasan Malah Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja, Penasaran?

Sekitar 72% partisipan dari penelitian yang dilakukan psikolog Ron Friedman menyampaikan kalau mereka seringkali mendapatkan ide brilian saat mandi. Menurutnya, apakah inspirasi manusia bisa dipicu oleh kondisi rileks, contohnya mandi, atau ini adalah hal yang sulit untuk diprediksi?

(brightside.me)

Yah, terkait dengan ide atau gagasan, seringkali kita berupaya keras untuk memaksa pikiran agar jadi lebih kreatif. Di kesempatan lain, kita malah bisa menemukannya pada saat momen yang gak diduga.

Nah, terkait hal ini, ternyata ilmuwan sudah melakukan penelitiannya, lho. Ingin tahu lebih lengkap? Simak uraian di bawah, cuy.

Kata Peneliti

Menurut psikoanalis dan peneliti manajemen, Manfred F.R. Kets de Vries, ternyata malas-malasan tuh hal yang penting buat kreativitas! Faktanya, otak manusia berada di kondisi inovatif saat beristirahat, bukan saat kerja.

(brightside.me)

Yang perlu jadi catatan, malas-malasan dalam hal ini bukan gak melalui apa pun atau menunda sebagian kewajiban. Bukan dalam bentuk kata kerja.

Lebih tepatnya adalah tentang seni untuk gak melakukan apa pun. Penting bagi kreativitas untuk berhenti dan beristirahat.

Berdasarkan penelitian Manfred, pikiran manusia mendapat kesempatan sempurna untuk mengembangkan kemampuan saat dalam kondnisi ini. Contoh paling sederhana adalah legenda penemuan Isaac Newton yang sedang melamun di bawah pohon apel.

(brightside.me)

Bisa kita simpulkan, Newton bisa menemukan solusi bagi persoalannya saat dirinya gak melakukan apa pun. Dia bisa menemukan jawaban dari pertanyannya malah saat melamun. Voila, kita pun mengenal Hukum Newton dan hingga kini masih digunakan.

Malas-Malasan Tapi Produktif

Ada banyak langkah untuk mendapatkan kondisi pikiran yang rileks dan tenang. Salah satunya adalah meditasi. Sudah terbukti oleh penelitian kalau meditasi bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi stres.

Yang kedua, coba deh untuk tidur siang. Fakta menarik terkait tidur siang yang sudah diamini banyak orang. Kalau kamu tidur siang selama 10-20 menit, ternyata bisa mempengaruhi produktivitas, lho.

(brightside.me)

Nah, langkah terakhir untuk meningkatkan ketenangan pikiran adalah dengan mengurangi aktivitas di media sosial. Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal "Cyberpsychology, Behaviour, and Social Networking", siswa yang gak online selama seminggu merasa hidupnya penuh kepuasaan dan emosi positifnya meningkat.

So, buat kamu yang ingin meningkatkan kreativitas dan produktivitas, coba deh untuk bermalas-malasan. Tapi, gak sembarang malas-malasan, lho.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"