Ikan Koi Termahal di Dunia Seharga 25 Milyar

Ikan Koi Termahal di Dunia Seharga 25 Milyar

Ikan koi adalah ikan yang mudah ditemui di berbagai tempat, termasuk di Indonesia. Ikan ini biasa hidup di kolam-kolam yang airnya bersih dan jernih. Kalau dilihat dari bentuknya ikan koi sendiri masih memiliki kekerabatan dengan ikan mas.

Di tahun 1600-an, petani di Tiongkok dan Jepang memelihara ikan mas di selokan di sawahnya. Kemudian, petani di Jepang menemukan variasi yang unik pada ikan mas dan mengembangbiakkannya. Akhirnya lahirlah spesies ikan koi.

Ikan koi (pixabay.com)

Corak warna membuat peliharaan ini menjadi populer. Ada beberapa warna yang sangat diminati oleh peternak maupun kolektor pribadi. Antara lain yaitu merah, putih, hitam, biru, dan keemasan. 

Karena warnanya ini ikan koi di Jepang semakin banyak dikembangkan dan jadi lambang kesempurnaan. Ikan ini sering dijadikan hadiah bagi anggota kerajaan. Kemudian ikan ini mulai banyak dibawa ke benua lainnya di abad ke-19.

Di Jepang, ada kompetisi untuk menentukan koi mana yang paling unggul. Ikan koi akan dinilai berdasar bentuk dan ukuran tubuh, serta gerakannya di dalam air. Nilai yang paling penting adalah warna ikan koi dengan corak dan warna yang seimbang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"