Hidup Bahagia Nggak Harus Jadi Kaya, Tanamkan 4 Prinsip Ini Dalam Dirimu Biar Selalu Bersyukur

Hidup Bahagia Nggak Harus Jadi Kaya, Tanamkan 4 Prinsip Ini Dalam Dirimu Biar Selalu Bersyukur

Masing-masing orang membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Nggak jarang, orang berlomba-lomba untuk mendapat uang sebanyak-banyaknya demi memiliki apa yang mereka inginkan. Padahal, kenyataannya uang bukan jaminan hidup pasti bahagia. Uang memang bukan segalanya meski segalanya butuh uang.

Kamu tetap dapat mengupayakan hidup damai bahagia sejahtera tanpa harus menjadi kaya terlebih dahulu. Berikut ini terdapat sejumlah prinsip yang perlu dicamkan, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Utamakan membeli kebutuhan

Kamu perlu membuat skala prioritas untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan mengelola uang untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, cicilan tempat tinggal, atau kebutuhan sandang. Apabila kebutuhan pokok telah tercukupi dan masih ada sisa uang, baru anggarkan sejumlah uang untuk menuruti membeli apa yang masuk waiting list-mu.

Ilustrasi Cermat dalam Berbelanja (Cermati.com)

2. Membeli sesuatu sesuai kemampuan

Keinginan manusia tidak akan ada habisnya. Setelah membeli sepeda motor terbaru misalnya, maka timbul keinginan untuk membeli mobil agar dapat mengikuti tren kekinian. Jangan habiskan uangmu hanya untuk memenuhi nafsu sesaat. Buang jauh-jauh perasaan gengsi, cukup membeli sesuatu sesuai dengan kemampuan.

3. Hindari utang, paylater, ataupun penggunaan kartu kredit

Godaan bisa datang dari mana aja. Kemudahan untuk bisa berutang atau menggunakan paylater dapat menyebabkan terjebak dan terlilit utang. Bahkan hanya dari melihat unggahan orang lain yang memamerkan harta di media sosial, ini bisa membuatmu ingin mengikutinya karena takut ketinggalan. Percayalah hal ini tidak akan ada habisnya jika terus dituruti. Karena belum tentu yang orang lain posting adalah kenyataan kehidupan mereka sendiri. Bersyukur aja atas pencapaianmu hingga saat ini.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"