Hewan-Hewan Ini Diberi Nama Sesuai Suara yang Mereka Keluarkan, Unik Juga

Hewan-Hewan Ini Diberi Nama Sesuai Suara yang Mereka Keluarkan, Unik Juga

Ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa semua nama benda, entah benda mati atau makhluk hidup yang kecuali manusia, konon diberi nama berdasarkan suara yang mereka hasilkan. Percaya gak kalian?

Kalo gak percaya ya gapapa, toh gak semua kok emang diberi nama berdasarkan bunyi yang dihasilkan. Tapi ternyata emang ada juga sih yang begitu. Terutama beberapa hewan yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini.

Seperti dikutip dari Mental Floss, hewan-hewan ini diberi nama sesuai suara yang mereka keluarkan, unik juga ya.

1. Wow-wow

1. Wow-wow Wow-wow, tangannya panjang (pixels.com)

Namanya dong ... wow-wow. Kalo di sini kita mengenalnya sebagai ungka (Hylobates lar). Dia adalah salah satu hewan unik yang suka "menyanyi". Tapi ya suaranya gak sebagus penyanyi manusia pada umumnya lah, jelas.

Hewan ini mengeluarkan suara seperti "wow, wow". Makanya diberi nama itu. Kalo di sini, kita mengenalnya sebagai owa. Biasanya tangannya panjang, bulunya cokelat terang, hobinya gelantungan.

Wow-wow hidup di habitat berupa hutan hujan tropis seperti di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Tapi sayang, kini, hewan ini masuk dalam daftar hewan yang terancam punah. 

2. Peewit

2. Peewit Nah, ini nih hewan yang ngeluarin suara "peewit" (hbw.com)

Lapwing utara (Vanellus vanellus) dikenal dengan sebutan peewit karena suaranya ya gitu, "peewit". Doi adalah burung dari keluarga lapwing yang disebut gitu karena suara yang dihasilkan dari gerakan sayapnya ya begitu juga.

Burung itu disebut punya taktik untuk berpura-pura mematahkan sayap mereka demi mengalihkan perhatian predator. Apalagi saat sarang mereka diserang atau merasa terancam.

Julukan lain hewan ini adalah peewit atau tew-it. Itu mengacu pada suara khas si burung yang keras. Biasanya terbang pas lagi senja gitu di langit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"