Hei Anak Kosan, Ini Lho Deretan Kesalahan Kamu dalam Mengatur Keuangan

Hei Anak Kosan, Ini Lho Deretan Kesalahan Kamu dalam Mengatur Keuangan

Derita jadi mahasiswa rantau dan jadi anak kosan, selalu aja terjebak sebuah drama: akhir bulan masih jauh, tapi uang kiriman udah tipis. Terus aja berulang tiap bulan sampai akhirnya kamu mikir sendiri, kenapa uangku selalu habis? 

Pengen tahu kenapa kamu sering kehabisan uang? Soalnya ada kesalahan yang kamu buat dalam mengatur keuangan. Padahal sih harusnya cukup-cukup aja uang kiriman orang tuamu buat sebulan, tapi karena salah strategi, malah sering bikin kamu gigit jari.

Apa aja sih kesalahan dalam mengatur keuangan anak kosan?

Buat perencaan keuangan (djb.com)

Nggak punya rencana anggaran

Yup, karena kamu nggak punya rencana anggaran, wajar aja kalau keuanganmu berantakan. Coba deh mulai sekarang kamu buat catatan, berapa uangmu dalam sebulan, lalu bagi-bagi ke dalam beberapa pos, misalnya biaya kuliah, bayar kosan, belanja bulanan, makan, transportasi, tabungan, dan hiburan. Jangan cuma dicatat, kamu harus patuhi anggaran tersebut biar aman sampai akhir bulan.

Belanja terus di awal bulan (mallofamerica.com)

Terlalu boros di awal bulan

Kesalahan paling umum kenapa uang bulanan jadi cepat habis adalah memang boros di awal. Emang rasanya gatel ya pengen makan enak dan belanja setiap baru dapet uang. Tapi ini malah strategi yang salah. Mendingan kamu ngirit di awal, baru deh kumpulin buat hore-hore di akhir bulan. 

Misalnya, dalam sehari jatah kamu untuk makan dan transportasi adalah Rp50 ribu, sebisa mungkin pakailah di bawah anggaran, misalnya Rp25-40 ribu. Sisanya bisa kamu kumpulin sampai akhir bulan, lumayan lho bisa buat nongkrong dan belanja akhir bulan. Kalau kamu bisa ngirit Rp20 ribu sehari aja, akhir bulan bisa dapat Rp600ribuan bebas buat apa aja.

Jangan sampai terlilit tagihan (goldtelegraph.com)

Menunda bayar tagihan

Jangan suka menunda bayar tagihan yang sudah pasti, misalnya bayar kosan dan biaya kuliah. Kalau kamu menunda, secara nggak sadar bisa aja terpakai karena merasa uang di rekeningmu masih banyak. Lebih baik jadikan kebiasaan untuk langsung bayar semua tagihan tiap awal bulan, gengs. Seenggak nih, kamu nggak akan kebingungan gimana cara nombokin uang kuliah dan bebas dari kejaran ibu kosan, kan? 

Salah pergaulan 

Hal yang paling sering bikin anak kosan kehabisan uang adalah biaya pergaulan yang lebih tinggi daripada pemasukan. Iya sih teman-temanmu mampu setiap hari makan siang di mall lanjut minum kopi di kedai mahal, tapi apa kabar kondisi keuanganmu? Kalau memang bikin boros dan uangmu cepat habis, mending sesuaikan dengan kemampuan deh!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"