Heboh Plat Cantik Mobil Rachel Vennya, Apa Kegunaan dan Pengertiannya?

Heboh Plat Cantik Mobil Rachel Vennya, Apa Kegunaan dan Pengertiannya?

Plat mobil RFS belakangan tengah viral dan dibicarakan publik terlebih setelah dinaiki Rachel Vennya usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan kabur dari karantina. Lalu apa pengertian dan kegunaan plat RFS, RFD, RFL sebenarnya?

Pernahkah kalian melihat plat nomor kendaraan yang belakangnya kombinasi tiga huruf seperti RFS, RFD, RFL? Ternyata kegunaan plat RFS, RFD, RFL ini berbeda dari lainnya, lho.

Apa Itu Plat RF dan RFS?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang plat RFS, RFD, RFL, kalian perlu tahu lebih dulu apa itu Plat RF? Plat RF merupakan kode untuk kendaraan khusus. 

Secara tidak langsung, plat RF ini dipakai untuk kendaraan milik seseorang yang bekerja di instansi atau badan tertentu.

Heboh Plat Cantik Mobil Rachel Vennya, RFS (Suara.com)

Kegunaan Plat RFS, RFD dan Lainnya

Ada sejumlah variasi dari plat RF. Tiap variasinya mewakili instansi yang berbeda. Umumnya, plat RF ini memiliki satu huruf tambahan di belakangnya sehingga ada 3 digit huruf dalam TNKB plat RF. Berikut ini ragam Plat RF dan artinya.

- Kegunaan Plat RFS

Plat nomor RFS adalah kepanjangan dari Reformasi Sekretariat Negara. Ini merupkan kode kendaraan yang dikhususkan untuk kendaraan pejabat sipil negara. Lebih lanjut, plat RFS ini digunakan bagi para pejabat eselon 1 seperti Direktur Jenderal di sebuah kementerian.

- Kegunaan Plat RFD

Adapun plat RFD atau Reformasi Darat digunakan untuk kendaraan para pejabat TNI Angkatan Darat.

- Kegunaan Plat RFL

Sedangkan pada plat RFL atau Reformasi Laut digunakan khusus untuk kendaraan pejabat TNI Angkatan Laut.

- Kegunaan Plat RFO, RFH, dan RFQ

Pada plat kode RFO, RFH, dan RFQ dikhususkan bagi kendaraan milik pejabat eselon 2. RFH adalah kepanjangan dari Reformasi Hukum dipakai untuk petinggi di departemen pertahanan dan keamanan.

- Kegunaan Plat RFP

Plat kode RFP atau Reformasi Polisi, dipakai untuk kendaraan pejabat Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

- Kegunaan Plat RFU

Pada plat RFU atau Reformasi Udara, digunakan untuk kendaraan pejabat TNI Angkatan Udara.

- Aturan Plat RF

Meskipun plat RF memang merupakan kendaraan khusus, tapi tidak ada aturan yang mengatur bahwa plat nomor ini harus diprioritaskan di jalanan atau mendapatkan perlakukan khusus. Bahkan tidak ditemukan aturan dan undang-undang yang menyebut jika plat nomor kendaraan RFS perlu mendapat prioritas di jalan raya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"