Heboh Matahari di China Berubah Jadi Biru, Ini Penyebabnya

Heboh Matahari di China Berubah Jadi Biru, Ini Penyebabnya

Sudah bukan rahasia umum jika China merupakan negara yang bisa memproduksi segala hal. Mulai dari elektronik sampai ke perkakas rumah tangga. Bahkan, saking canggihnya, baru-baru ini teknologi di China bisa membuat bulan tiruan. Wow, amazing!

Namun apa yang akan terjadi selanjutnya jika pemandangan langit di China tiba-tiba berubah. Sebuah pemandangan aneh terjadi di mana warna matahari berubah menjadi biru dan langit menjadi kuning.

 Atas hal tesrbut, administrasi Meteorologi China segera memberikan klarifikasi dan mengatakan bahwa fenomena yang menghebohkan publik itu disebabkan oleh badai pasir.

Badai pasir kedua telah melanda negara itu dalam waktu kurang dari dua minggu setelah badai pasir pertama. Badai yang kedua inilah yang mengubah warna langit dan matahari.

Badai pasir dipicu oleh angin dari Mongolia yang dilanda kekeringan dan China barat laut.

Heboh Matahari di China Berubah Jadi Biru (Pikiran Rakyat)

Jarak pandang di kota berkurang, dengan puncak beberapa gedung pencakar langit tertutup oleh badai pasir. Pejalan kaki terpaksa menutupi mata mereka saat embusan debu menyapu jalanan.

Administrasi Meteorologi China mengeluarkan peringatan kuning pada hari Jumat pekan lalu, memperingatkan bahwa badai pasir menyebar dari Mongolia ke provinsi China utara termasuk Mongolia Dalam, Shanxi, Liaoning dan Hebei, yang mengelilingi Beijing.

Saat badai pasir melanda Beijing pada Minggu pagi, tingkat polusi udara naik ke level maksimum 500, menurut indeks kualitas udara realtime Beijing. Kadar polutan PM10 yang dapat menembus paru-paru melampaui 2.000 mikrogram per meter kubik.

Kadar PM2.5, partikel lebih kecil yang dapat menembus aliran darah, mencapai 462. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan konsentrasi PM2.5 harian rata-rata hanya 25.

Dilansir dari South China Morning Post, Selasa (30/3/2021), badai tersebut menyebabkan kekacauan di bandara di Mongolia Dalam, dengan lebih dari separuh penerbangan dibatalkan dari bandara Baotou dan Chifeng karena jarak pandang yang buruk.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"