Hasil Sidang Isbat, Hari Pertama Puasa Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

Hasil Sidang Isbat, Hari Pertama Puasa Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama sudah menentukan kapan hari pertama  melalui sidang isbat yang menghasilkan keputusan bahwa awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah dimulai pada Selasa (13/4) esok hari.

Pengumuman ini pun langsung diucapkan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada Senin (12/4), setelah mengikuti sidang isbat. "Menetapkan 1 Ramadan pada Selasa 13 April 2021,"ujar Yaqut, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia. 

Menteri Agama, Yaqut Cholil (Republika)

Sidang isbat kali ini digelar dengan sistem yang berbeda yakni kombinasi jaringan (daring) dan luar jaringan atau luring. Hal ini dilakukan karena kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi di Indonesia.

Bahkan sidang isbat tahun ini juga dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama dengan melihat posisi hilal oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama. Tim ini bertugas memantau dan memastikan hilal Ramadan sudah mulai  terlihat di beberapa titik pemantauan. 

Ilustrasi Proses Melihat Hilal (Kompas. com)

Kemudian beberapa pihak memasuki sebuah ruangan untuk melakukan sidang isbat yang digelar secara tertutup. Dalam sidang ini hanya dihadiri kalangan terbatas oleh perwakilan MUI, Komisi VIII DPR RI, dan Menteri serta Wakil Menteri Agama.

Sebelum hasil sidang isbat resmi diumumkan pihak Pemerintah, PP Muhammdiyah juga sudah memberikan pengumuman bahwa 1  Ramadan jatuh pada Selasa 13 April 2021. Keputusan itu juga sudah diambil berdasarkan perhitunga hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan Majelik Tarjih. PBNU pun sudah menetapkan bahwa Ramadan akan dimulai esok hari. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"