Hari Raya Paskah Adalah? Kenapa Diperingati di Tanggal yang Berbeda, Penasaran?

Hari Raya Paskah Adalah? Kenapa Diperingati di Tanggal yang Berbeda, Penasaran?

Bagi umat Kristen dan Katolik, hari raya Paskah bisa dibilang sebagai salah satu hari raya paling penting. Dan tahun ini, Hari Paskah akan dirayakan pada tanggal 21 April.

Hari raya Paskah (shopback.co.id)

Nah, sebagai tambahan pengetahuan, di bawah ini ada penjelasan singkat mengenai hari raya Paskah. Yah, setidaknya biar kamu tahu apa artinya dan bagaimana sejarah dari Paskah itu sendiri.

Lalu, yang biasanya jadi pertanyaan banyak orang, mengapa hari raya Paskah selalu diperingati di tanggal yang berbeda setiap tahunnya.

Arti hari raya Paskah

Jika kita ingin memahami arti hari raya Paskah, kita bisa merujuk pada penjelasan dari Kitab Injil. Dalam kitab suci umat Katolik dan Kristen ini, dijelaskan bahwa Yesus wafat di kayu salib pada hari Jumat Agung. Dijelaskan pula jika Yesus kembali hidup tiga hari kemudian.

Nah, Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut. Bagi Gereja, Paskah menjadi perayaan terpenting untuk memperingati peristiwa paling sakral yang terjadi dalam kehidupan Yesus. Dan menurut liturgi Gereja, hari raya ini juga disebut sebagai Minggu Paskah atau Hari Kebangkitan.

Untuk melengkapi pengertian tentang Paskah, ada hal lain yang dilakukan umat Kristen dan Katolik selama Paskah. Berdasarkan peraturan gereja, ada yang disebut dengan masa Paskah. Masa Paskah ini dirayakan terlebih dulu selama empat puluh hari, dimulai sejak Minggu Paskah hingga Kenaikan Yesus.

Paskah (covesia.com)

Jadi bisa kita simpulkan dari penjelasan di atas, hari Raya Paskah adalah hari di mana umat Kristen dan Katolik merayakan kebangkitan Yesus setelah meninggal selama tiga hari. Saking sakralnya perayaan ini, banyak umat yang menjalaninya dengan penuh kekhusyukan.

Kok bisa disimbolkan dengan telur Paskah?

Setiap Paskah, banyak orang akan sibuk untuk memakan telur cokelat. Dimulainya tradisi diperkirakan sejak abad ke-19. Mengapa kelinci? Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan kelinci untuk melahirkan bayi. Oleh masyarakat dan gereja, kebiasaan ini pun dijadikan simbol dari kehidupan baru.

Menurut legenda yang menyebar, kelinci Paskah yang menghiasi dan menyembunyikan telur juga dianggap sebagai simbol dari hal yang sama, yakni kehidupan baru.

Untuk alasan mengapa telur Paskah dibuat dari cokelat, hal ini pertama kali dilakukan oleh masyarakat Prancis dan Jerman pada abad ke-19. Pada mulanya, cokelat ini terasa pahit dan keras saat digigit. Namun, seiring dengan perkembangan teknik pembuatan cokelat, kini kita bisa menemukan telur berlubang dengan rasa yang beragam.

Alasan tanggal perayaan hari Paskah yang selalu berubah

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, kita harus menengok jauh ke waktu yang telah lalu. Kita diwajibkan untuk mengetahui bagaimana tradisi Paskah dimulai oleh umat Kristen dan Katolik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"