Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok, Hanya Kebohongan Pemerintah?

Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok, Hanya Kebohongan Pemerintah?

5 Maret telah ditetapkan sebagai Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok. Setelah Mao Zedong meminta seluruh bangsa untuk belajar dari Lei pada tahun 1963, satu tahun setelah kematiannya karena kecelakaan di usia 22 tahun.

Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok menunjukkan niat baik dan untuk mengingat prajurit yang terkenal karena kemurahan hati dan perbuatan altruistiknya.

Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok

Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok (wikiwand.com)

Lei Feng dikenal sebagai prajurit tanpa pamrih yang mencurahkan waktu dan uangnya untuk mereka yang membutuhkan. Udah dijadikan warga China sebagai teladan Orang Samaria yang baik. Makanya ada Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok.

Lei Feng dilaporkan tewas dalam kecelakaan hebat pada tahun 1962 karena tertimpa tiang telepon yang jatuh. Tetapi, menurut sebuah artikel oleh Cheng Shigang di majalah yang dikelola pemerintah General Review of the Communist Party of China, kutipan dari buku harian Lei sudah muncul di surat kabar Progress antara Agustus 1959, dan November 1960.

Buku harian itu diberikan kepada para pemimpin Partai lainnya dan akhirnya kepada Ketua Mao. Lalu Mao ingin menjadikan Lei Feng sebagai ikon nasional.

Contoh perbuatan altruisme (news.cgtn.com)

Buku harian itu direproduksi secara luas dan dipasang di bawah kaca di museum lokal di samping faksimili, sikat gigi, sandal, dan cangkir timahnya. Dalam akun Barat, buku harian Lei Feng umumnya digambarkan, seperti yang pernah dikatakan Orville Schell, "hampir pasti setidaknya sebagian pemalsuan."

Lebih dari lima dekade kemudian, kisah hidup pahlawan nasional ini masih menginspirasi orang-orang China untuk melakukan pekerjaan sukarela dan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Selain Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok yang selalu dirayakan, jumlah relawan meningkat di Cina dalam beberapa tahun terakhir.

Di Shanghai, ada tempat layanan sukarela yang telah beroperasi selama 10 tahun di Stasiun Kereta Selatan Shanghai. Dalam rangka merayakan Hari Lei Feng di Republik Rakyat Tiongkok  pusat rehabilitasi anak di Daerah Otonomi Ningxia Hui, China barat laut, dokter memberikan pemeriksaan kesehatan gratis dan perawatan medis gratis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"