Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Yuk Berkontribusi!

Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Yuk Berkontribusi!

Setiap tanggal 10 Januari diperingati hari Gerakan Satu Juta Pohon. Indonesia yang punya wilayah yang amat luas ini memegang peranan penting dalam menjaga bumi dan menjaga kestabilan iklim dunia.

Sayang banget justru hutan kita sebagai paru-paru dunia malah banyak yang terbakar dan diganti dengan bangunan beton. Data FAO tahun 2010 menunjukkan hutan di Dunia yang di dalamnya termasuk hutan Indonesia menyimpan 289 gigaton karbon.

Gerakan satu juta pohon (theglobeandmail.com)

Hilangnya hutan dan minimnya kesadaran untuk melestaikan bumi, menjadikan dampak perubahan iklim dan pemanasan global semakin parah. Meski kamu gak bisa menanam pohon tapi kamu tetap bisa berkontribusi untuk menjaga bumi kok. Melestarikan bumi banyak caranya.

Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Gerakan 1 juta pohon diharapkan mampu menyumbangkan solusi nyata untuk memperbaiki hutan Indonesia. Setidaknya setiap tahun dengan adanya hari Gerakan Satu Juta Pohon, akan ada banyak pihak yang menanam pohon.

Presiden Jokowi pernah menyinggung bahwa acara ini belum maksimal. Karena banyak pihak yang hanya menjadikan sebagai acara seremonial saja. Nyatanya menanam pohonnya hanya sebagai simbol.

Padahal hal ini sangat penting untuk melestarikan bumi dan menekan pemanasan global. Hari Gerakan Satu Juta Pohon jika dilakukan dengan penuh kesadaran bisa mengembalikan paru-paru dunia di Indonesia.

Menanam pohon bersama (aces.edu)

Buat kamu yang pengen berkontribusi tapi bener-bener gak bisa menanam gimana donk?

Kamu bisa kok tetap berkontribusi dengan menanam tanaman apa saja. Caranya juga bisa dengan cara-cara sederhana. Seperti menanam sayur dan bunga di pekarangan. Kalau gak ada pekarangan bisa dengan polybag atau wadah bekas. Bagian paling penting adalah kamu punya kesadaran untuk menjaga bumi. Kamu paham bahwa pohon itu penting.

Selain itu, hari Gerakan Satu Juta Pohon ini pastinya bakal diperingati oleh banyak pihak. Kamu bisa cari tahu acara hari Gerakan Satu Juta Pohon yang ada di kotamu. Terus berpartisipasi menjadi volunteer atau peserta acara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"