Hari Diabetes Sedunia: Penyebab-Penyebab Diabetes yang Sering Nggak Disadari

Hari Diabetes Sedunia: Penyebab-Penyebab Diabetes yang Sering Nggak Disadari

Hari diabetes sedunia dirayakan setiap tanggal 14 November. Hayo, udah tau belum?

Kampanye kesadaran global ini diadakan oleh IDF atau Federasi Diabetes Internasional. Dalam rangka hari diabetes sedunia, yuk simak apa aja sih penyebab diabetes sering nggak disadari?

1. Terlalu sering minum teh manis

Teh manis (stylecraze.com)

Penyebab diabetes yang kerap nggak disadari adalah teh manis. Coba deh dipikir, banyak banget orang Indonesia yang tiap abis makan selalu minum teh manis. Ini berasa udah jadi budaya kita.

Selain tinggi kandungan gula, teh manis juga tinggi kalorinya. Melansir Dokter Sehat, segelas teh manis biasanya mengandung 250-300 kalori (tergantung pada kepekatan).

2. Kurang tidur

Ternyata kurang tidur bisa jadi penyebab diabetes loh. Kalo kualitas tidur nggak baik, otomatis metabolisme tubuh terganggu. Menurut penelitian dari University of Chicago, kurang tidur 3 hari bisa bikin kemampuan memproses glukosa jadi menurun. 

Selain itu, kurang tidur juga bisa bikin hormon yang memicu nafsu makan meningkat. Inilah yang bikin orang jadi pengen menyantap banyak makanan berkalori tinggi.

3. Malas bergerak

males bergerak (pedzzz.blogspot.com)

Salah satu penyebab diabetes adalah malas bergerak. Mereka yang sedikit beraktivitas fisik punya risiko obesitas lebih tinggi dibanding yang rajin bersepeda, jalan kaki, atau aktivitas.

4. Makan gorengan

Sadarkah kalian kalo gorengan merupakan salah satu penyebab diabetes? Nggak cuma itu aja, gorengan bisa memicu risiko penyakit degeneratif kayak penyakit kardiovaskular, stroke, dan sebagainya.

5. Sering stres



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"