Halo, Jobseeker! Ini 10 Profesi IT yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan pada 2022

Halo, Jobseeker! Ini 10 Profesi IT yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan pada 2022

Apa pekerjaan yang banyak dicari dan jadi idaman banyak orang? Sebagian besar akan menjawab pekerjaan di bidang IT, dan hal tersebut memang benar.

World Economic Forum (WEF) melakukan penelitian terkait pekerjaan yang banyak dibutuhkan dalam 5 tahun ke depan. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa teknologi informasi atau IT merupakan salah satu profesi tersebut.

Berikut 10 profesi yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan pada 2022 di laman LinkedIn, dikutip dari berbagai sumber:

1. Konsultan Manajemen IT

Konsultan Manajemen IT bekerja untuk memperbaiki struktur, efisiensi, dan sistem IT organisasi. Profesi ini bekerja secara partnership dengan klien, tugasnya menganjurkan bagaimana perusahaan menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Konsultan manajemen IT dapat terlibat dalam bermacam pekerjaan seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship management (CRM), dan system development.

10 Profesi IT yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan pada 2022 (Glints)

2. Information Technology Support Staff (IT Staff)

Information Technology support adalah bidang pekerjaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan, peningkatan dan evaluasi terhadap objek komputer, instalasi, dan perangkat lunak. Profesi ini tergolong sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Bidang ini memiliki job desc yang cukup banyak, beberapa di antaranya yaitu mengecek dan memperbarui sistem operasi dan aplikasi yang dijalankan oleh pengguna, memastikan aplikasi yang digunakan berjalan dengan baik, dan bertanggung jawab terhadap mesin pendukung.

3. Analis Sistem Teknologi Informasi

System Analyst atau analis sistem merupakan profesi di bidang teknologi yang berperan dalam pengembangan, pemeliharaan dan pemecahan masalah infrastruktur teknologi perusahaan digital. Selain dikenal dengan sebutan System Analyst, profesi ini terkadang dikenal dengan sebutan system architects, IT analyst atau system administrator. Apa pun sebutannya, tugas dari System Analyst adalah melakukan pemeriksaan proses teknologi perusahaan dan memastikannya berjalan secara efektif dan efisien berdasarkan strategi bisnis perusahaan.

4. Information Technology Supervisor

Information Technology Supervisor atau Pengawas Teknologi Informasi (Pengawas TI) bertanggung jawab terhadap instalasi, pemeliharaan, dan peningkatan sistem teknologi. Profesi ini biasanya bekerja dengan tim administrator IT dan personel pendukung untuk mengawasi operasi sistem dan komponen teknologi informasi sehari-hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"