Gurun Pasir Terluas di Benua Afrika dan Juga di Dunia

Gurun Pasir Terluas di Benua Afrika dan Juga di Dunia

Gurun pasir terluas di benua Afrika ada di mana sih? Soalnya di dunia ini ada banyak gurun pasir gengs.

Gurun terluas di dunia adalah Gurun Antartika yang berada di Antartika, Kutub Selatan. Meski terluas, tapi itu bukan gurun pasir sih, gurun es adanya. Yang terluas di Afrika tetap Gurun Sahara yang terkenal seantero dunia sejak dulu.

Selain itu, mana aja sih gurun pasir terluas di benua Afrika dan di dunia? Kuy lah kita simak gengs.

1. Gurun Sahara

1. Gurun Sahara Gurun Sahara, pemandangannya ya kek gini gengs (thoughtco.com)

Gurun Sahara adalah gurun pasir terluas di benua Afrika. Luasnya bisa mencapai 9,1 juta kilometer persegi. Saking luasnya, gurun pasir ini ditetapkan sebagai yang paling luas oleh UNESCO.

Gurun Sahara membentang ke beberapa negara di Afrika sekaligus. Mulai dari Mesir, Libya, Tunisia, Nigeria, Sudan, Aljazair, Chad, dan beberapa negara lainnya. Di samping itu, luas gurun pasir ini berarti setara dengan seperempat benua Afrika gengs.

2. Gurun Arabia

2. Gurun Arabia Gurun Arabia, kedua terluas di dunia (geekinsider.com)

Gurun Arabia disebut juga Gurun Semenanjung Arab. Luasnya mencapai 2,33 juta kilometer persegi. Gurun ini juga melintasi beberapa negara Arab seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Irak, Yordania, Oman, Yaman, juga Kuwait.

Kalau kalian pernah dengar Gurun An-Nafud dan Rub Al-Khali yang luas itu, nah itu cuma bagian dari Gurun Arabia ini gengs. Kebayang lah luasnya kayak apa ya ....

3. Gurun Gobi

3. Gurun Gobi Gurun Gobi yang warna kuning tuh, luas juga yah (en.wikipedia.org)

Kalau di Asia ada Gurun Gobi nih. Inilah gurun pasir paling luas di benua Asia. Gurun Gobi punya luas hampir 1,3 juta kilometer persegi

Gurun ini terletak di Tiongkok dan Mongolia bagian selatan. Gurun pasir ini berbatasan dengan Pegunungan Altai, dataran tinggi Tibet, dan dataran Tiongkok Utara. Kalau kalian mau lihat gurun pasir yang ada saljunya ya cuma di Gurun Gobi gengs.

4. Gurun Kalahari

4. Gurun Kalahari Gurun Kalahari ... "hakunamatata" (welt.de)

Gurun Kalahari juga salah satu gurun pasir terluas di benua Afrika nih gengs. Gurun ini terletak di kawasan selatan benua Afrika. Ia membentang dari Botswana, Namibia, hingga Afrika Selatan.

Luas Gurun Kalahari mencapai 900 ribu kilometer persegi. Gurun Kalahari juga merupakan semi-gurun gengs. Sebab, di beberapa wilayah di sana ada juga yang ditumbuhi padang rumput.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"