Gempa Bumi Guncang NTT Dua Kali Sore Ini

Gempa Bumi Guncang NTT Dua Kali Sore Ini

Gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (28/8/2018) sore. Melansir Kompas.com, Robert Owen Wahyu, Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, mengatakan bahwa gempa bumi tersebut terjadi pukul 15.08 WITA.

Guncangan gempa bumi itu terletak di 10.96 LS dan 124.16 BT. Tepatnya berada di 111 kilometer tenggara Kabupaten Kupang, NTT, dengan kedalaman 10 kilometer.

Laporan gempa bumi di Kupang sore ini (twitter @stageofkupang)

Berdasarkan informasi yang diperoleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang, gempa tersebut tak berpotensi tsunami. Hingga kini belum ada laporan mengenai terjadinya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Warga yang berada di sekitar area gempa mengaku merasakan guncangan yang cukup kuat. Terutama yang tinggal di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), serta di area selatan Kota Kupang.

Kupang diguncang dua gempa sore ini (twitter @K_Laurensius)

Selepas gempa pertama, terjadi gempa bumi susulan. Titik gempa berpusat di 10.99 LS dan 124.09 BT. Persisnya di 105 kilometer tenggara Kota Kupang. Gempa itu berada di kedalaman 10 kilometer dan terjadi pada pukul 15.13 WITA. Gempa ini juga tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG dalam pernyataan tertulis yang diperoleh dari Bencana.id, hingga pukul 15.40 WITA, telah terjadi gempa susulan (aftershock) hingga 3 kali. BMKG pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"