Gawat! Jenazah Pasien Covid-19 Tertukar, RSUD Kota Bogor Mengaku Lalai

Gawat! Jenazah Pasien Covid-19 Tertukar, RSUD Kota Bogor Mengaku Lalai

Beberapa waktu lalu viral salah satu jenazah pasien Covid-19 yang tertukar.

Atas hal tersebut, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor menyampaikan permintaan maaf.

Insiden tersebut dialami oleh keluarga DF, warga Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor dengan salah satu jenazah pasien lain.

Humas RSUD Kota Bogor Taufik Rahmat mengungkapkan, pihak rumah sakit sudah meminta maaf kepada pihak keluarga secara langsung.

Pihak rumah sakit juga mendampingi proses pemakaman dan mendatangi rumah duka.

"Saya sudah jelaskan ke pihak keluarga tentang ketidaknyamanan pelayanannya. Saya juga sudah meminta maaf atas nama RSUD apabila ada hal-hal yang tidak berkenan," ucap Taufik, Senin (4/1/2021) lalu.

"Kami datang ke rumah duka di Leuwiliang hari itu juga. Kami menyampaikan bela sungkawa dan permohonan maaf," lanjut dia.

Petugas RSUD Bogor Membawa Jenazah Pasien Covid-19 (Kompas.com)

Taufik mengakui adanya kelalaian terkait komunikasi yang dilakukan petugas rumah sakit sehingga menyebabkan tertukarnya jenazah.

Ia mengatakan, petugas di bagian keperawatan dan petugas pemulasaraan yang bertugas di hari itu tidak bertemu sehingga menimbulkan dugaan terjadinya jenazah yang tertukar.

Taufik menyebutkan, petugas pemulasaraan yang datang ke ruang perawatan, mengambil jenazah tanpa ada komunikasi dan membawanya ke ruangan forensik.

"Hari itu saya tidak tahu apa yang terjadi sehingga petugas pemulasaraan langsung membawa jenazah ke ruangan forensik. Ini yang kemudian menimbulkan dugaan dari pihak keluarga ada jenazah yang tertukar dan adanya kelalaian dari pihak rumah sakit," imbuhnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"