Gaji Supir Bus Malam Berapa Ya? Mengingat Tanggung Jawab dan Resiko yang Besar

Gaji Supir Bus Malam Berapa Ya? Mengingat Tanggung Jawab dan Resiko yang Besar

Kebayang gak sih jadi sopir bus malam kudu menahan kantuk dan tiap malam belum tentu jelas ada di mana dan jarang sekali tidur, kalau tidur ya kelar, gak cuma nyawa sendiri karena banyak nyawa yang ia bawa.

Nah dengan tanggung jawab sebesar itu kira-kira berapa sih gaji supir bus malam itu? Tentunya hal ini bikin penasaran banget kan? Yuk kita cari tahu bareng gengs....

Bus Malam (Suara.com)

Mengungkap gaji supir bus malam

Sebenarnya ya kalau mau ditanya berapa sebenarnya sih bingung juga gengs, karena setiap perusahaan tu beda-beda, dan tergantung juga kendaraan bus yang ia bawa....

Namun bisa kita sederhanakan dengan beberapa sistem ini sih gengs....

Sistem Premi

Pada sistem premi ini gaji supir bus malam  dan kenek dibayar setiap sekali PP gan. Misalnya JKT- Jogja terus JKT lagi barulah Sopir dapet sejumlah uang dari perusahaan. Sistem premi ini biasanya ada dua macem gan, pertama sistem premi murni dan yg kedua itu sistem premi plus dropping.

Dilansir dari Kaskus.co.id, Pada sistem premi murni pengeluaran untuk BBM, Toll, Retribusi terminal, dsb ditanggung oleh peruasahaan. Karena BBM ditanggung oleh perusahaan, sopir akan leluasa buat ngebut bawa bisnya gan akibatnya spare parts bus gak awet. Perusahaan yg pake sistem ini biasanya juga ngelarang sopir dan kenek ambil penumpang di jalan.

Sedangkan untuk sistem premi plus dropping pengeluaran untuk BBM dan kawan-kawannya itu ditanggung oleh sopir dan kenek bus itu sendiri. Biasanya kalo pake sistem ini laju bis agak lambat untuk menekan pengeluaran solar. 

Gak cuma itu pengeluaran lain juga bakal ditekan supaya uang yg masuk kantong jadi semakin banyak. Bus dgn sistem gaji ini biasanya juga rajin ngambil penumpang di jalan, soalnya lumayan buat nambah uang kantong gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"