Gaji Penjaga Tahanan, Gaji Pokok Sih Gak Jauh Beda Tapi Tunjangannya Gede Loh!

Gaji Penjaga Tahanan, Gaji Pokok Sih Gak Jauh Beda Tapi Tunjangannya Gede Loh!

Kalau ngomongin masalah rumah tahanan atau penjara, kebanyakan orang membahas masalah tahanan, makanan di sana dan bagaimana kehidupan di penjara. Tahu gak sih gengs, ternyata gaji penjaga tahanan itu juga menggiurkan. Hingga banyak yang daftar jadi penjaga atau sipir melalui pembukaan CPNS.

Gaji Penjaga Tahanan

Gaji penjaga tahanan (hukamnas.com)

Gaji penjaga tahanan diduga menjadi salah satu sebab kenapa formasi penjaga tahanan (pria) sebagai salah satu formasi dengan pelamar terbanyak dalam CPNS 2019. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Selain gaji penjaga tahanan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan pekerjaan ini banyak diminati.

"Gaji menjadi penyebab daya tarik mereka banyak melamar, di lain sisi juga pegawai negeri punya uang pensiun, kemudian juga uniform seragam jadi kebanggaan mereka, terlihat gagah," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Direktorat Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham Ade Kusmanto. Dikutip dari CNNindonesia.com.

Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019, mengatur nilai gaji pokok PNS Golongan II A sebesar Rp2.220.200. Belum lagi tunjangan yang diperoleh gengs. Besaran gaji pokok penjaga tahanan akan naik saat masa kerjanya menjadi 1 tahun masa kerja sudah 3 tahun.

Untuk tunjangan sipir penjara diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Menteri dan Pegawai di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"