Finlandia Bikin Sneaker dari Ampas Kopi yang Ramah Lingkungan, Mau?

Finlandia Bikin Sneaker dari Ampas Kopi yang Ramah Lingkungan, Mau?

Buat yang rajin ngopi nih ... ampasnya kalian apain sih biasanya? Ya dibuang lah ya. Tapi di Finlandia, ampas kopi malah digunakan lagi untuk bahan baku sneaker kece gengs.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, perusahaan sneaker bernama Rens belakangan jadi sorotan nih. Iya, perusahaan itu bikin sepatu-sepatu kece dari bahan ampas kopi dan botol yang didaur ulang.

Ampas kopi, dibuang atau dibikin sepatu aja nih? (seriouseats.com)

Produsen yang berbasis di Helsinki itu punya beragam alasan untuk membuat sepatu dari ampas kopi. Mereka sebenernya sangat sayang dengan ampas kopi yang sering dibuang begitu aja. Nah, daripada jadi limbah yang berdampak buruk buat lingkungan, ampas kopi itu didaur ulang deh.

Bahan hasil daur ulang ampas kopi itu nggak cuma mengurangi dampak buruk pencemaran lingkungan aja. Ampas kopi diklaim punya banyak manfaat untuk penggunanya.

Kain yang terbuat dari kopi secara alami bisa menghilangkan bau dan antibakteri pula. Gabungan dari ampas kopi dan daur ulang botol dapat membuat sepatu terasa lebih enteng dan tahan air loh.

Ini nih sneaker kece dari ampas kopi (weforum.org)

Meski begitu, Rens bukanlah yang pertama mengeluarkan produk fesyen berbahan dasar ampas kopi dan limbah botol plastik yang didaur ulang gengs. 

Sebelumnya ada perusahaan yang berbasis di Salt Lake City, Amerika Serikat yang meluncurkan Hoodie Evolution yang ramah lingkungan.

Hoodie Evolution itu dibuat tiga cangkir ampas kopi dan 10 botol plastik bekas. Bahan itu dikeringkan, minyak yang tersisa dibuang, ampasnya digiling untuk menjadi partikel yang lebih kecil. Hasilnya dicampurkan degan botol plastik yang telah dilelehkan sampe jadi benang.

Asik nih, sepatunya ramah lingkungan banget (techmash.co.uk)

Nah, itu baru beberapa produk fesyen yang ramah lingkungan gengs. Berbagai produk fesyen kini juga makin beragam kok. Terutama, banyak loh perusahaan yang dulu-duluan menciptakan produk ramah lingkungan.

Tren ini sendiri didorong oleh isu tingkat pencemaran lingkungan yang kian meningkat. Jadi, buat kalian yang sadar lingkungan tapi tetep pengen tampil kece ... nggak ada salahnya nih unya satu dari beberapa produk fesyen ramah lingkungan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"