Fenomena Kawin Kontrak di Puncak Makin Ramai, Pemkab Bogor Bergerak Cepat.

Fenomena Kawin Kontrak di Puncak Makin Ramai, Pemkab Bogor Bergerak Cepat.

Kawasan Puncak memang sudah terkenal dari dahulu dengan fenomena kawin kontrak. Berdasarkan laporan dari Pemkab Bogor yang disampaikan langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan bahwa akhir-akhir ini kegiatan kawin kontrak di kawasan Puncak ramai kembali. 

Kawin kontrak sendiri kerap terjadi di Kampung Arab yang memiliki nama asli kampung Sampay atau Warung Kaleng. Warung Kaleng berada di wilayah Desa Tugu Selatan dan Tugu Utara, yang diketahui mulai ditempati sejak tahun 1980 silam.

Kemudian maraklah aktivitas kawin kontrak atau nikah mut'ah, antara pria dari negara-negara Timur Tengah dengan wanita setempat. Kini, tak hanya para wanita muda setempat dengan kebutuhan ekonomi saja yang kerap melakukan kawin kontrak. Dikabarkan, sering ditemui pula wanita tuna susila yang melakukan kawin kotrak di kawasan Puncak.

Ade Yasin menegaskan bahwa wanita-wanita tersebut bukan warga setempat, melainkan dari daerah lain seperti Cianjur, Sukabumi hingga Jakarta.

"Kami kerap melakukan razia bersama Timpora (pemda, aparat dan Imigrasi). Yang ditemukan saat ini, pelaku tuna susila berdomisili di Cianjur, Sukabumi, bahkan Jakarta dan luar Jawa Barat," ujar Ade dilansir dari isubogor.pikiran-rakyat.com.

Ade menyampaikan, para pencari suaka dan pengunjung dari Timur Tengah terus mengalami peningkatan. 

Pada 2018 lalu, tercatat sebanyak 1.672 pencari suaka. Kemudian, naik menjadi 2.245 di tahun 2020 ini yang sebagian besar diketahui merupakan warga negara Afganistan, Irak serta Pakistan.

"Kami selaku pemerintah di daerah mempertanyakan bagaimana pengendalian terhadap para pencari suaka yang dengan mudah masuk Indonesia dan jumlahnya terus bertambah setiap tahunnya," jelas Ade dalam siaran persnya yang diterima isubogor.pikiran-rakyat.com.

Ade menyampaikan, pihaknya sudah berdiskusi dengan Internasional Organisasi of Immigration (IMO) untuk memindahkan pemusatan para imigran.

Bupati Bogor Ade Yasin

Bupati Bogor Ade Yasin

"Pemda telah memberikan opsi kepada Internasional organisasi of immigration (IMO) terkait pemusatan imigran tidak lagi di Puncak melainkan di Parungpanjang, Kabupaten Bogor," terangnya.

Bila mana pemusatan tidak dipindahkan, keberadaan mereka akan menimbulkan pandangan negatif terhadap kawasan Puncak sebagai destinasi pariwisata.

Diketahui, Ombudsman RI menemukan beberapa kemungkinan maladministrasi pada penataan kawasan Kampung Arab di kawasan Puncak, yaitu tindakan pembiaran dan pengabaian kewajiban hukum.

Hal tersebut didasari oleh penyelidikan oleh Ombudsman mengenai jumlah imigran, pekerjaan informal yang dilakukan oleh warga negara asing (WNA), status kepemilikan aset tanah, izin mendirikan bangunan dan tempat usaha yang tidak sesuai, serta status dan administrasi anak hasil perkawinan campuran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"