Fakta Wahana Antariksa Mars Odyssey Buatan NASA yang Mengitari Planet Tetangga

Wahana antariksa Mars Odyssey buatan NASA

Hingga saat ini penelitian dan observasi Planet Mars masih berjalan. Nah, NASA memiliki wahana antariksa yang bertugas mengamati Planet Mars. Wahana itu bernama Mars Odyssey.

Mars Odyssey udah berputar di Planet Mars sejak tahun 2001. Wahana antariksa ini pun memecahkan rekor sebagai mesin terlama yang bekerja di Mars. Mars Odissey juga masih lanjut beroperasi dengan kondisi bagus di pertengahan 2018.

Rekornya mengalahkan Mars Global Surveyor yang terbang di sekitar Mars dari September 1997 hingga November 2006.

Menemukan Es di Mars

Menemukan Es di Mars Mars Odyssey (spectrum.ieee.org)

Mars Odissey pun udah melakukan banyak penemuan penting. Misalnya, kayak menemukan es di bawah permukaan Mars.

Selain itu, Mars Odissey punya peran penting sebagai penjembatan antara rover Spirit yang udah mati dan rover Opportunity and Curiosity.

Bahkan, melansir Space.com, Odissey diharapkan membantu misi rover 2020 European-Russian ExoMars.

Planet Mars (cnnindonesia.com)

Mars Odissey pun sebenernya pernah bermasalah juga. Beberapa kali wahana ini memasuki 'safe mode'. Tetapi, NASA bisa memperbaikinya.

Di tahun 2018, NASA mengungkapkan kalo akan lakuin yang terbaik guna memperluas misi orbital (termasuk Mars Odyssey) untuk waktu selama mungkin.

Tujuan Sains

Mars Odissey adalah bagian dari program NASA dalam penjelajahan Mars yang mencakup jaringan orbiter dan rover di sekitar Planet Mars itu.