Fakta Unik Ki Hadjar Dewantara Sang Bapak Pendidikan Indonesia

Fakta Unik Ki Hadjar Dewantara Sang Bapak Pendidikan Indonesia

Ki Hadjar Dewantara adalah seorang pahlawan nasional Indonesia di bidang pendidikan. Beliau adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda.

Ki Hadjar Dewantara adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Disamping sebagai bapak pendidikan, Ki Hadjar Dewantara memiliki banyak fakta unik yang patut diketahui masyarakat Indonesia. Apa saja fakta-fakta unik tersebut? Berikut daftarnya.

1. Hari Lahirnya Diperingati Sebagai Hari Pendidikan Nasional

https://www.wikiwand.com/

Hari Pendidikan Nasional ditetapkan berdasarkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Ia lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889. Atas jasanya merintis pendidikan umum, Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan tanggal kelahirannya di tetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ketetapan ini dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 28 November 1959.

2. Pernah Menjadi Santri Dengan Julukan "Jemblung Trunogati"



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"