Fakta Unik dan Aneh: Kok Ada Ya yang Model Begituan

Fakta Unik dan Aneh: Kok Ada Ya yang Model Begituan

Dunia itu ibarat sebuah game yang masih banyak sekali fakta-fakta aneh yang harus di ungkap. Dan beberapa hasil penemuannya pun tak semua bisa dijelaskan dimata pelajaran.

Oleh karena itu kaliini Paragram.id bakalan ngajak kalian buat kepoin apa aja sih fakta-fakta unik dan aneh dunia yang bisa jadi pengetahuan buat kita. Yuk kita kepoin di mari.

Fakta unik dan aneh

Sedotan Ramah Lingkungan

Sedotan Ramah Lingkungan Rumput sedotan (Tribunnews.com)

Sedotan inovasi baru diciptakan oleh seorang pria bernama Tran Minh Tien asal Vietnam. Ia menciptakan sedotan dengan bahan rumpun liar yang di daur ulang.

Proses pembuatan sedotan ini diawali dengan mengumpulkan bahan baku rumput terlebih dahulu. Rumput yang digunakan adalah rumput yang banyak di temukan di wilayah Delta Mekong, Vietnam.

Rumput ini bernama Lepironia articulata.

Rumput-rumput tersebut dicuci dan dipotong dengan ukuran 20 centimeter, sesuai panjang sedotan.

Bagian lubang rumput lalu dibersihkan dengan sejenis batang logam sebanyak dua kali lalu dikemas dengan daun pisang.

Tran Minh menjual sedotan ini dalam dua bentuk yaitu versi fresh dan dry. Untuk sedotan versi fresh dapat disimpan di kulkas selama 2 minggu dan bertahan 1 minggu dalam suhu ruang.

Sedangkan sedotan rumput versi dry akan melewati proses pengeringan sinar matahari kemudian di panggang di dalam oven.

Sedotan versi kering ini lebih tahan lama hingga enam bulan dengan suhu ruang.

Inovasi ini jika dipasarkan secara luas tentu dapat mengurangi sampah plastik yang merusak lingkungan. Matap jiwa kan? Ini fakta unik dan aneh tapi leh uga.

Penemu Mie Instan

Penemu Mie Instan Penemu Mie Instan (INDOZONE)

Mie instan pertama kali ditemukan oleh pria kebangsaan Jepang bernama Momofuku Ando.

Setelah Perang Dunia II, Jepang sedang dalam masa krisis, dan Amerika sedang gencar menyumbangkan gandum ke negara ini hingga harga terigu menjadi murah. 

Sebagai pengganti nasi pemerintah menyarankan agar rakyat mengkonsumsi terigu dan roti. Dan ada fakta unik dan aneh loh saat itu....

Momofuku Ando akhirnya mendapatkan ide untuk membuat mie mengingat penduduk Jepang menyukai mi. Namun kali ini ia membuat mi yang dapat disimpan dan bertahan lama.

Ia membuat eksperimen dengan menggoreng mie terlebih dahulu agar lebih awet dan dapat cepat diolah kembali.

Makanan ini ternyata memiliki banyak penggemar hingga ia membuat perusahaan di tahun 1958 dengan nama "Nissin Foods". Kini di Osaka Jepang terdapat sebuah museum mi instan Momofuku Ando yang memperlihatkan pameran berbagai mi instan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"